Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Wartawan Berkompeten di Sumbar Bertambah


Pengurus PWI Sumbar, Eko Yanche Edrie memberikan arahan pada penutupan
UKW angkatan IX dan X di Padang, Minggu (28/10/2018).

Padang,  fajarsumbar.com - Jumlah wartawan yang berkompeten di Sumatera Barat kembali bertambah, sehubungan telah selesainya Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di aula BRI Corporate University, Pauh, Kota Padang, Sabtu-Minggu (27-28/10/2018).

UKW angkatan ke IX dan X tersebut diikuti 56 peserta yang terdiri dari kategori Wartawan Utama 28 orang, Wartawan Madya dan Wartawan Muda masing-masingnya 14 peserta. UKW tersebut resmi ditutup, Minggu (28/10).

Ditutupnya UKW tersebut otomatis jumlah wartawan di Sumatera Barat yang tersebar di 19 kabupaten dan kota tersebut yang berkompeten bertambah. UKW tersebut sangat berguna untuk menjadikan wartawan yang profesional saat menjalankan tugas di lapangan, manfaatnya untuk publik, mendapatkan informasi dari wartawan yang kompeten.

Pada penutupan UKW tersebut, Ketua PWI Sumbar yang diwakili Eko Yanche Adrie menyebutkan, PWI Sumbar terus terus mendorong wartawan mengikuti UKW, hal itu dimaksudkan untuk menjadikan wartawan yang lebih profesional menjalankan tugas.

Pada kesempatan tersebut, Eko juga mengucapkan selamat kepada wartawan yang berkompeten, kepada mereka yang belum masih ada kesempatan UKW yang menurut rencana dilaksanakan Pemprov Sumbar bekerjasama dengan PWI Sumbar, pada Desember mendatang.

Diakui, animo wartawan mengikuti UKW sangat besar. Hal itu terbukti pada UKW angkatan IX dan X tersebut, panitia terpaksa menolak peserta karena keterbatasan penguji. Pada UKW itu kategori Wartawan Utama berjumlah 28 orang, kategori Wartawan Madya 14 orang, dan Kategori Wartawan Muda 14 orang dengan tim penguji 8 orang.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal, sebelumnya menyebutkan, pemprov mendorong wartawan agar UKW. Sebab pemerintah provinsi tersebut telah mengeluarkan kebijakan melalui Pergub, syarat media yang bisa bekerja sama dengan pemprov wajib diverifikasi Dewan Pers dan pemimpin redaksinya wartawan kompetensi Utama. Aturan ini mulai berlaku Januari 2019 mendatang.

Ketua Panitia UKW PWI Sumbar, Sawir Pribadi mengatakan, UKW ini bekerja sama dengan BRI Corporate University dan Kanwil BRi Sumbar. "Kita harapkan ke depan kerja sama dengan BRI terus terjalin dan membantu kegiatan yang dilaksanakan PWI Sumbar," kata Sawir Pribadi yang didampingi Sekretaris, Gusfen Khairul.

Menurut Guspen Khairul, dari 56 peserta tersebut dibagi dua angkatan IX dan X. Untuk angkatan IX dengan peserta 28 orang yang belum berkompeten 11 orang. Sedangkan peserta angkatan X dari 28 orang yang belum kompeten 9 orang.

Salah seorang peserta menyebutkan, wartawan yang belum berkompeten tersebut oleh penguji UKW juga merupakan sebuah keberhasilan. Alasannya, tau dan sadar sisi lemah dalam profesi yang dijalankan selama ini, sehingga mau lagi belajar untuk lebih baik ke depan. "Tanpa adanya UKW ini, kita tidak tahu kelemahan kita selama ini dalam menjalankan tugas," ujarnya.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *