Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Hindari Jalur Ini Jika Tak Ingin Terjebak Kemacetan


Padang, fajarsumbar.com - Hari ini, Rabu (7/11) Kota Padang menjadi rute etape IV Tour de Singkarak (TdS) 2018 yang akan star di Danau Cimpago, Pantai Padang. Nantinya pebalap sepeda tersebut melewati sejumlah wilayah melalui Pariaman, terakhir finish di Ambun Pagi Kabupaten Agam.

Pada Etape IV,  pebalap akan mengawali mengayuh sepeda di Lapau Panjang Cimpago, Pantai Padang Sumbar pada pukul 10.00 WIB dan di perkirakan finis di Agam pukul 13.55 WIB.

Untuk mengatasi kemacetan dan antrian panjang yang diakibat oleh sistem buka tutup lalu lintas di rute yang dilewati pebalap, satu jam sebelum star TdS sejumlah ruas jalan akan ditutup.

Berikut rute yang akan dilewati adalah Kota Padang – Kabupaten Agam (144 km), Start Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang – Jalan S Parman – UNP – Pasar Lubuk Buaya – Simpang BIM – Simpang Patung Ikan Lubuk Alung – Bypass Pariaman – Sungai Garingging – Kantor Bupati Agam – Kelok 44 Finish di Hotel Nuansa Maninjau.

Kabiro Ops Polda Sumbar, Kombes Pol Djihartono mengatakan penutupan satu jam sebelum mulai itu tidak permanen, bisa saja berkurang dengan melihat situasi arus lalu lintas disepanjang lintasan yang dilewati para pebalap.

“Penutupan jalur satu jam sebelum start, lalu setelah itu ada jeda satu jam, namun kami lihat situasi dimasing-masing wilayah terlebih dahulu. Bisa saja setengah jam dibuka mengingat rute yang dilintasi tidak selalu jalan nasional, melainkan jalan Kabupaten dan Kota,” kata dia.

Dalam aturan yang dikeluarkan penanggung jawab lintasan perlombaan, untuk akses jalan raya yang dilewati para pebalap, ditutup setelah kordinator marshall melewati lintasan, atau sekitar 30 menit sebelum pebalap lewat.

Pasalnya, Marshall sendiri berjarak sekitar 45 menit dari pebalap. Dengan pembagian waktu, 20 menit dibelakang Marshall ada pengamanan mobil polisi, dan 20 menit pengamanan menggunakan sepeda motor polisi, baru kemudian 5 menit dibelakang pengamanan terakhir pebalap melintasi rute. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *