Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Humas Berperan Tangkal Hoax

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama dengan Kabiro Humas Setdaprov Sumbar Jasman usai membuka kegiatan bakohumas di Gedung Roehana Koedoes, Kamis (1/11).

Padang, fajarsumbar.com - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menilai, humas mesti berperan aktif mengawasi segala bentuk pemberitaan yang saat ini tengah berkembang. Hal itu agar masyarakat tidak termakan isu hoax atau berita bohong.

"Ini sudah tugas humas. Mengawasi situasi kondisi terkini. Jangan sampai masyarakat termakan isu hoax," kata Irwan saat membuka rapat koordinasi BAKOHUMAS di Gedung Roehana Koedoes, Kamis (1/11).

Oleh karena itu, kata gubernur agar isu hoax tersebut tidak tersebar kemana-mana, maka perlu keaktifan humas dalam berdiskusi banyak dengan media maupun wartawan.

"Dengan berdiskusi dengan media maupun wartawan. Berita hoax yang sering muncul di media sosial tidak akan berpengaruhi banyak kepada  masyarakat. Sebab, masyarakat akan lebih percaya kepada pemberitaan media mainstream yang cenderung lebih diterima karena narasumbernya jelas dan sesuai fakta. Ini dapat mengilas segala isu hoax yang beredar ditengah masyarakat," tuturnya.

Lanjut gubernur,  dalam menindak isu hoax, apalagi terkait pemerintahan, humas mesti dapat meluruskannya kepada media mainstream. Kemudian awak media juga dapat mengkonfirmasi kebenarannya kepada pihak humas.

"Berikan informasi yang benar. Ini dapat menangkal isu hoax yang sering bermunculan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman mengungkapkan, isu hoax dan tidak benar sering terjadi di media sosial. Apalagi, menjelang Pilpres dan Pileg 2019. Maka, agar masyarakat tidak terpengaruh baik itu pemberitaan yang berbau hoax. Untuk itu, humas mesti berperan memberikan informasi yang menyejukan.

"Kita humas mesti berikan informasi yang menyejukan. Dan, informasi yang benar kepada media. Serta, menjalin hubungan yang baik sesama humas maupun media di seluruh kabupaten dan kota. karena humas merupakan jembatan penghubung dengan masyarakat," jelasnya. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *