Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

KAN Pauh IX, Kuranji Dinilai

Tim penilai saat mewawancarai ninik mamak KAN Pauh IX, Kuranji, Senin (5/11). 
Padang, fajarsumbar.com - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX, Kecamatan Kuranji dinilai tim Kota Padang, Senin (5/11). Penilaian itu untuk melihat apakah KAN, salah satu lembaga sosial yang berfungsi sebagai wadah penyaluran aspirasi komunitas adat dan pelestarian nilai-nilai adat sudah dirasakan di nagari.

Selain itu KAN sudah dirasakan masyarakat dalam mengatualisasikan nilai-nilai adat di nagari sebagai salah satu manifestasi filosofi "Adat Basandi Sarak, Syarak Barsandi Kitabullah (ABS-SBK) di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Tim Penilaian Kota Padang, Jamilus yang juga Kabag Kesra Setko Padang menyebutkan, KAN ujung tombak dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya di tengah kehidupan masyarakat dan harus didukung dan diberdayakan.

KAN harus bisa menyelesaikan persoalan-persoalan di nagari. Diibaratkan menarik benang dalam tepung, benang tertarik, tapi tepungnya tidak terserak. Artinya setiap ninik mamak menyelesaikan persoalan, tidak ada yang dirugikan dan tidak boleh memihak ke satu kelompok. Anak dipangku, kemenakan dinjing.

Camat Kuranji, Rachmadenny Dewi Putri menyambut baik penilaian KAN Pauh IX, Kecamatan Kuranji tersebut. Keradaan KAN itu sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai persoalan anak kemenakan di Kuranji. "KAN sangat berperan penting untuk menyelesaikan berbagai persoalan, terutama anak kamanakan di Kecamatan Kuranji ini. Peran ninik mamak sangat diperlukan untuk menyelesaikan berbagai persoalan nagari," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KAN Pauh IX, Kuranji yang diwakili wakil ketua Suardi Dt. Rajo Bujang mengucapkan teriima kasih kepada semua pihak terkait, yang telah ikut membantu dan menyukseskan sehingga KAN Pauh IX itu keberadaannya sangat berarti bagi nagari.

Pada penilaian tersebut, masing-masing tim mewawancarai ninik mamak, bundo kanduang dan lainnya. Nantinya KAN yang terbaik berhak mewakili Padang pada penilaian yang sama ke tingkat provinsi. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *