Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

KIM Sebagai Mitra Penyebarluasan Informasi Akurat












Padang Panjang, fajarsumbar.com - Sosialisasi diseminasi informasi dengan tema "Pemberdayaan dan Optimalkan Peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Diseminasi Informasi Melalui Pemanfaatan TIK" diikuti oleh anggota KIM dan penggiat usaha/organisasi aktif di Aula Dinas Kominfo Padang Panjang, Senin (26/11).

Hadir dalam acara ini Kepala Bidang Layanan Informasi dan Tata Kelola E-Goverment Diskominfo Sumbar Ir. Nurfitrisman, Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang Marwilis, SH, M.Si, Sekretaris Diskominfo Padang Panjang Ampera Salim, SH, M.Si, Kabid IKP Diskominfo Padang Panjang Indrayadi, SE, jajaran Staf Dinas Kominfo Sumbar dan Padang Panjang, serta tamu undangan perwakilan KIM dan penggiat usaha/organisasi aktif kepemudaan dan keagamaan di Kota Padang Panjang.

Narasumber Kabid Layanan Informasi Publik dan Tata Kelola E-Govt Diskominfo Sumbar Nurfitrisman menyampaikan tujuan acara ini adalah memberi pemahaman pada peserta bagaimana menyampaikan informasi yang baik dan benar agar terhindar dari berita tidak benar (hoax) serta info yang disampaikan ke masyarakat akurat terpercaya.

Sementara itu Kadis Kominfo Padang Panjang, Marwilis menyampaikan bahwa Pemko Padang Panjang berkomitmen untuk bermitra baik dengan kelompok masyarakat bersama-sama menyebarluaskan informasi serta mengantisipasi info dan berita-berita hoax. Karena tidak mungkin Diskominfo bisa mengelola informasi sendiri tanpa bantuan masyarakat.

Salah satu gerakan yang dilakukan Diskominfo  melakukan pembentukan dan sosialisasi pengelolaan informasi ke kelompok masyarakat di Padang Panjang. "Target tahun 2019 selain menambah pembentukan kelompok juga akan ada pembinaan kelompok dari berbagai aspek. Akan dipetakan apa tujuan kelompok, keterkaitannya dengan tujuan pembentukan kelompok bahkan tidak menutup kemungkinan pembiayaan jika diperlukan, untuk ini tentunya Diskominfo akan berkoordinasi dengan OPD teknis terkait," ujar Marwilis.

Sementara  Sekretaris Dinas Kominfo Padang Panjang Ampera Salim menyampaikan setiap organisasi apapun bentuknya bertanggung jawab mendukung kepentingan masyarakat.

"Rakyat berhak tahu apa yang sedang dan akan dilakukan pemerintahnya. Rakyat harus proaktif menyampaikan masukan dan harus ikut memiliki program yang akan dijalankan pemerintah, untuk itu perlu pemahaman cara penyampaian komunikasi publik dan komunikasi massa ke tengah masyarakat," ujar Ampera.

Dalam sosialisasi ini juga dibahas tentang penyebaran kejahatan dunia maya, penyebaran berita hoax dan UU ITE oleh Tenaga IT Diskominfo Sumbar Revi Gusriva, M.Kom. Hal ini mengingat penyebaran informasi-informasi yang tidak benar semakin mengkhawatirkan.

Diperlukan kepedulian dan awas diri terhadap pengaruh issue dari berita hoax dan mencegah masyarakat menjadi korban cyber crime.

Kesimpulan acara ini adalah tujuan KIM dibentuk dari, untuk dan oleh masyarakat guna mencari solusi atas permasalahan bersama. Perlu kerjasama pemerintah agar tujuan penyampaian informasi yang akurat ke masyarakat terwujudkan.

"Dengan sosialisasi hari ini diharapkan pemahaman kelompok-kelompok yang telah dibentuk untuk mengembangkan jaringan guna menginformasikan atau membetulkan jika ada pemberitaan yang tidak sesuai melalui pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi," tutup Marwilis. (syam)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *