Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Lomba Seni Budaya HJK ke-228 Padang Panjang Meriah


Padang Panjang.fajarsumbar.com - Pemko Padang Panjang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah menggelar Lomba Seni dan Budaya Tingkat SD dan SMP sederajat, dibuka Wakil Walikota Asrul, di Gedung M. Syafei, Rabu (28/11).

Lomba yang berlangsung selama dua haari, Selasa dan Rabu merupakan  rangkaian hari jadi Kota Padang Panjang ke - 228.

Siswa siswi yang hadir tampak antusias menyemarakkan acara ini.

Selain memeriahkan HUT Kota Padang Panjang ke -228, lomba yang menyuguhkan berbagai atraksi seni tersebut dilatar belakangi  penerapan penguatan pendidikan karakter berbasiskan seni dan budaya sehingga pelesatarian dan kecintaan terhadap seni dan budaya tradisional makin melekat pada siswa-siswi.

Hadir pada acara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Desmon, Kepala Bidang TK /SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Padang Panjang Tis Maria serta Ninik Mamak dari KAN Gunung dan KAN Lareh Nan Panjang yang menjadi dewan juri.

Wakil Walikota Asrul dalam sambutannya menyampaikan lomba seni tari dan musik itu dapat menjadi salah satu sarana menggali, mengenalkan, memasyrakatkan, dan mengukuhkan eksistensi budaya dan kesenian Sumatra Barat sekaligus bagian dari ruh keistimewaan budaya Minangkabau.

"Harapan yang lebih jauh kedepan tentunya ada keinginan bersama agar budaya dan kesenian tradisional Minangkabau tetap eksis bahkan mampu menjadi daya tarik bagi bangsa dan daerah lain untuk menikmatinya. Selaligus juga akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Padang Panjang ini," katanya

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Desmon menyampaikan pelaksanaan lomba yang berlangsung selama dua hari itu  memiliki dua kategori perlombaan. Untuk tingkat SD dilombakan seni tari dan pasambahan sedangkan untuk tingkat SMP, kreatifitas musik tradisional dan Lomba Tari Kreasi.

Baik lomba kreatifitas musik tradisional maupun lomba tari tingkat SMP yang telah terlaksana sehari sebelumnya, dimenangkan oleh SMPN 6 Kota Padang Panjang.

Dikatakannya, lomba tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan kreatifitas, kompetensi, mempersiapkan mental untuk kehidupan yang lebih baik. Kemudian upaya membentuk karakter melalui kegiatan seni dan budaya

Pemenang lomba diberikan penghargaan berupa piala, sertifikat, dan tabanas. Adapun  untuk Juara I Rp1.500.000. Juara II Rp1.000.000 dan juara III Rp750.000. (syam)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *