Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Nurkhalis Dt Bijo Dirajo Resmi Komandoi KAN Lubuk Batingkok


Payakumbuh - Terhitung Kamis (8/11/2018), Nurkhalis Dt Bijo Dirajo resmi menduduki jabatan ketua KAN Lubuk Batingkok, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Dalam pelantikan ini, Wakil Walikota Payakumbuh, aerwin Yunaz turut hadir dalam upaya untuk mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat Kota Payakumbuh dengan Kenagarian Lubuk Batingkok.

Nurkhalis Dt Bijo Dirajo yang dilantik oleh ketua LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota ini bertekad langsung mengutarakan niatnya. Program utama saat menjabat tixmdak lain mengembalikan peran ninik mamak didalam keluarga.

"Hari ini, peran ninik mamak dirumah gadang sudah tergerus. Antara mamak dan kemenakan ada yang tidak akur. Ini jelas petaka dalam keluarga tersebut. Jadi, persoalan inilah yang menjadi PR bagi KAN kedepan," kata Nurkhalis dalam sambutannya.

Nurkhalis menjelaskan potensi SDM dan Adat Lubuk Batingkok cukup kaya. Banyak orang besar dan pemikir lahir di nagari ini. Diantaranya Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz yang menjadi kemenakan ninik mamak Lubuk Batingkok dan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon selaku Datuk Bijo Dirajo Nan Kuniang.

"Mari bersama-sama kita gaungkan kembali potensi anak kemenakan kita di nagari ini. Jangan sampai generasi orang-orang besar yang sudah menjadi pioner masyarakat dari Lubuk Batingkok ini terputus," katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz mengungkap dirinya ada hubungan keluarga dengan orang Lubuk Batingkok. Suami adiknya adalah orang Lubuk Batingkok dan membuat dirinya memiliki hubungan yang dekat dengan nagari ini.

Dengan adanya semangat dan program yang jelas dari Ketua KAN yang baru ini, Erwin Yunaz mendukung semua rencana ini, asalkan bersifat positif dan membangun.

"Mari kita bangun bersama nagari ini dengan menguatkan peran mamak dalam keluarga dan mengarahkan kemenakan ke arah yang positif," kata Erwin.

Nurkhalis Dt Bijo Dirajo akan mengkomandoi KAN Lubum Batingkok selama lima tahun kedepan (2018-2022). Dirinya menggantikan  Aswandi Janas Dt Mangkuto Sinaro yang menjadi ketua KAN satu tahun terakhir ini. Alasan dirinya menunjuk Nurkhalis karena masih muda, cerdas, kreatif, pemikir dan profesional. (amp)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *