Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pemkab Mentawai Upayakan 12 Puskesmas Terakreditasi


Tuapejat, fajarsumbar.com - Sebanyak 12 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) diupayakan Pemerintah Kabupaten Mentawai teragreditasi pada 2019. Hal itu dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar, Senin (26/11). Untuk menuntaskan akreditasi 12 puskesmas di Mentawai itu merupakan komitmen dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan. "Ini sudah merupakan komitmen kita untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan momentum untuk meningkatkan pelayanan publik,” kata Lahmuddin usai melakukan akreditasi puskesmas Mapadegat Sipora Utara, Senin, (26/11).

Ia memaparkan dari 12 Puskesmas yang sudah teregistrasi 7 diantaranya sudah memiliki status terakreditasi dengan grade tingkat dasar yakni 2017 ada empat Puskesmas diantaranya Puskesmas Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Puskesmas Muara Siberut, Kecamatan Siberut Selatan, Puskesmas Sikakap, Kecamatan Sikakap dan Puskesmas Sioban, Kecamatan Sipora Selatan.

Seterusnya di Tahun 2018 ini tiga Puskesmas lagi yang diakreditasi diantaranya Puskesmas Saibi, Kecamatan Siberut Tengah dan terakhir Puskesmas Mapadegat, Kecamatan Sipora Utara.

Sedangkan lima Puskesmas lagi ditargetkan tuntas pada Tahun 2019 mendatang kata Lahmuddin diantaranya Puskesmas Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Puskesmas Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan, Puskesmas Saumanganyak, Kecamatan Pagai Utara, Puskesmas Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan dan Puskesmas Betaet, Kecamatan Siberut Barat.

Sementara itu kata Lahmuddin, selain 12 Puskesmas tersebut, tiga Puskesmas yang baru dibangun diantaranya Puskesmas Sarereket, Kecamatan Siberut Selatan, Puskesmas Simatalu, Kecamatan Siberut Barat dan Puskesmas Sikapokna, Kecamatan Siberut Utara. " kita harapkan tiga Puskesmas ini bisa teregistrasi dan beroperasi tahun depan, selanjutnya tentu kita siapkan tenaga dan pendukungnya, agar bisa terakreditasi lagi," paparnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada petugas kesehatan di tingkat Puskesmas yang sudah bekerja keras secara maksimal meningkatkan pelayanan kesehatan, baik pelayanan di dalam Puskesmas, maupun di luar Puskesmas, serta mempercepat laporan kegiatan untuk pendukung untuk proses Akreditasi.

"Kurang lebih ada 776 kegiatan yang dilakukan oleh Petugas Puskesmas baik di dalam, maupun di luar Puskesmas, serta menyelesaikan semua laporan kegiatan. Semua kegiatan kesehatan semuanya harus inklut sehingga pelayanan kesehatan benar-benar dirasakan oleh Masyarakat, " imbuhnya.

Kegiatan penyerahan Kendali Survey oleh Tim Surveyor kepada Kepala Puskesmas Mapadegat Marinus tersebut dihadiri Pj. Sekda Mentawai Martinus Dahlan, Kadinkes Mentawai Lahmuddin Siregar, Camat Sipora Utara Marsen Taileleu, Kabid Yankes Arifman Zebua dan Petugas kesehatan di jajaran Puskesmas Mapadegat. (*/ab)


Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *