Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pemko Sawahlunto Serius Tangani Angka Pengangguran

Suasana acara talkshow menyiapkan generasi milenial untuk menghadapi perkembangan zaman di GPK Sawahlunto

Sawahlunto, fajarsumbar. com - Permasalahan pengangguran menjadi perhatian serius walikota Sawahlunto. Meski secara angka masih kecil dibanding dengan daerah lain, namun setiap tahun angka itu akan terus bertambah.

"Saat ini tercatat 1.800 pengangguran di Kota Sawahlunto. Dan itu akan terus bertambah ratusan setiap tahunnya. Kami ingin menyelesaikan masalah ini terus menerus" kata Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH dalam sambutannya pada Talkshow Menyiapkan Generasi Milenial untuk Menghadapi Perkembangan Zaman yang diselenggarakan di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto (30/11).

Lebih lanjut Deri Asta mengatakan kecenderungan generasi muda sekarang masih mengharapkan bekerja di instansi pemerintah meski dengan status honorer. Kecenderungan itu mendorongnya untuk menyiapkan generasi muda Sawahlunto agar bisa berwiraswasta. "Kita coba dorong generasi muda untuk berwiraswasta jangan masuk ke honorer daerah. Kita telah melakukan kerjasama dengan perusahaan penerima kerja di Kota Batam. Kita akan kirim anak Sawahlunto ke perusahaan tersebut namum sebelumnya dibekali dulu dengan skil" tambah Deri Asta.

Dalam program visi dan misi Walikota Sawahlunto terpilih, Deri Asta menegaskan kalau pengurangan angka pengangguran termasuk salah satu program prioritas. Salah satu bentuk mewujudkan program tersebut adalah pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) guna menyiapkan pencari kerja yang handal dan dapat diterima dalam setiap lapangan kerja.

Tidak hanya menyiapkan generasi muda dengan skil, bagi pelajar yang diterima di perguruan tinggi negeri juga diberikan reward. "Pada tanggal 1 Desember nanti kita akan melaunching reward bagi anak Sawahlunto yang diterima di perguruan tinggi negeri" terangnya.

Acara talkshow yang digelar oleh Badan Koordinasi Induk Keluarga Sawahlunto Jakarta dan Sekitarnya (BAKOR IKSJ) tambah Deri Asta adalah salah satu bentuk dorongan kepada generasi muda Sawahlunto. Dengan tema yang diusung untuk menyiapkan generasi milenial menghadapi tantangan zaman berarti sudah ada konsep atau trik menyiapkan generasi muda untuk memasuki dunia kerja.

Sementata itu Ketua BAKOR IKSJ, H. Zulkarnain Oeyoeb, SH, MM, MH, mengatakan akan mendukung program kegiatan yang dilakukan oleh Walikota dan Wakil Walikota. "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BAKOR IKSJ yang setiap tahunnya kami lakukan. Kita semua berharap generasi Sawahlunto siap dalam menghadapi tantangan zaman milenial" katanya.

Talkshow ini tambah Zulkarnain Oeyoeb adalah wadah bagi generasi muda Sawahlunto dalam memotivasi diri. Banyak materi yang akan disampaikan dalam memotivasi generasi muda dalam menjawab tantangan zaman milenial. (adrial)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *