Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pengurusan SIM Naik 20 Persen Setelah Gencar Operasi Zebra


Pasbar, fajarsumbar.com - Sejak dimulainya Operasi Zebra beberapa waktu lalu, dan meingkatnya intensitas penindakan pelanggaran lalu lintas berdampak kepada peningkatan jumlah pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM)  di Satlantas Polres Pasaman Barat. Peningkatan tersebut mencapai 20 persen dibandingkan dengan hari biasanya.

Menurut Ksatlantas Polres Pasbar Iptu Ghanda Novidiningrat, jumlah masyarakat dan pengendara yang melakukan pembuatan surat izin mengendara mengalami peningkatan cukup signifikan.  Peningkatan pemohon SIM itu terjadi sejak dimulainya operasi zebra 30 Oktober lalu.

"Sekarang dalam satu hari petugas Satlantas Polres Pasaman Barat melayani sekitar 50  pemohon SIM yang terdiri dari SIM A dan SIM C. Padahal hari biasanya petugas hanya melayani sekitar 30  hingga 40  pemohon SIM saja,"tandas Ksatlantas Polres Pasbar Iptu Ghanda Novidiningrat.

Ia menambahkan, peningkatan jumlah pemohon SIM diduga akibat dampak dari Operasi Zebra yang dimulai sejak 30 Oktober. Selama Operasi Zebra petugas melakukan razia dan penindakan terhadap pengendara yang melanggar secara berkesinambungan dan di sejumlah titik razia.

"Disisi lain semakin tingginya kesadaran masyarakat tentang pentingnya surat izin mengendara menjadi faktor pendukung. Bahkan saat melakukan penindakan petugas juga berupaya mengajak pengendara yang belum memiliki SIM agar mengurus SIM dan tertib berlalu lintas,"tandas Kasatlantas Iptu Ghanda Novidiningrat.

Selain itu, peningkatan pemohon SIM ini akan terus terjadi selama Operasi Zebra berlangsung. Karena banyak pengendara yang takut ditilang, akibat tidak memiliki SIM. Meski demikian, petugas meminta kedepan masayarakat patuh berkendara dan mengurus SIM terutama anak-anak atau masyarakat yang sudah cukup umur untuk berkendara.

"Saya himbau masyarakat agar tertib berlalu lintas termasuk melengkapi surat dan kelengkapan kendaraan. Karena kelalaian pengendara, menjadi faktor penyumbang fatalitas kecelakaan di jalan raya. Disis lain dengan menggunakan SIM masyarakat bisa bekendaran dengan aman dan tidak akan ditalang petugas saat razia,"kata Kasatlantas Iptu Ghanda Novidiningrat. (andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *