Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Seminar Revitalisasi Budaya Minangkabau Lahirkan Rekomendasi

Kepala BPNB Sumbar, Suarman menyerahkan dokumen rekomendasi revitalisasi budaya Minangkabau kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar. (arizal)

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Seminar Revitalisasi Budaya Minangkabau yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat selama tiga hari di Balai Sidang Bung Hatta Kota Bukittinggi melahirkan sejumlah rekomenfasi. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Silek Arts Festival yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah platform Indonesiana.

Seminar ditutup oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar, Suarman, Kamis (29/11). Rekomendasi hasil seminar diserahkan kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar untuk diimplementasikan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota serta elemen kebudayaan lainnya.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumbar, Suarman menjelaskan, rekomendasi hasil seminar akan diteruskan dalam perbincangan lebih lanjut dengan bebagai stakeholder budaya lainnya. "Selanjutnya kita buat grand desain pengembangan kebudayaan kita," ujar Suarman.

Grand desain kebudayaan ini sangat penting. Ini menjadi dasar implementasi revitalisasi budaya yang akan dilaksanakan oleh pemerintah, komunitas budaya, bundo kanduang dan elemen lainnya.

Rekomendasi revitalisasi budaya Minangkabau meliputi sepuluh aspek budaya, yaitu tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional. Setiap aspek memiliki objek utama revitalisasi, seperti rumah gadang, tenun dan lainnya. (arizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *