Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Validitas Data untuk Persyaratan Nikah akan Menentukam Kualitas Keluarga

Kepala Kantor Kementeran Agama (Kakankemenag) Padang Pariaman Dr.H.Helmi,S.Ag, MA memberikan pengarahannya.(saco)

Kampung Dalam, fajarsumbar.com -  Dalam proses pernikahan harus memenuhi persyaratan yang valid. Disinilah peran keluarga dan ninik mamak.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Padang Pariaman Dr.H.Helmi, S.Ag, MA dalam "Bimbingan dan Perkawinan" di Kampung Dalam, Senin (26/11).

Ia jelaskan, tingkatkan kualitas pelayanan pernikahan melalui kearifan lokal. Hal ini, agar diseleksi dan verifikasi persyaratan pernikahan yang valid di kecamatan masing-masing. Disinilah, peran Ninik Mamak, keluarga, dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga sakinah ditengah-tengah masyarakat, kata Helmi.

Ketelitian dalam persyaratan Nikah, sebut Helmi akan menentukan kevalidan data untuk proses selanjutnya. "Makanya dalan melakukan proses ini, tentu berpengaruh terhadap kinerja aparat yang menanganinya" ujar Kankemenag.

Untuk itu, agar petugas untuk itu perlu meningkatkan ilmu dan kemampuan. Sehingga pelayanan dan proses Nikah warga masyarakat dapat terpenuhi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, syara' serta kearifan lokal, tegas Helmi mengakhiri.

Sementara itu, Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (BIMAIS) Kankemenag Suhendrizal menyebutkan, kegiatan Bimbingan dan Perkawinan Pra Nikah ini yang diikuti oleh usia pranikah, Wali Nikah, Tuanku dan Labai dari seluruh Nagari di Kecamatan V Koto Kampung Dalam dengan peserta sebanyak 50 orang.

Tujuan kegiatan, ungkap Ketua Pelaksana itu adalah untuk peningkatan pelayanan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan itu, mesti berbanding lurus dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana (sanpras) yang cukup. "Tidak mungkin mutu layananan akan meningkat ketika sapras tidak memenuhi standar '' ujar Suhendrizal.

Kegiatan selama 2 hari ini bertajuk "Kesehatan reproduksi, mewujudkan generasi berkualitas dan keluarga sakinah" dengan Narasumber berasal dari Kanwil Kemenag Sunbar, Dinas Kesehatan dan Kemenag Kabupaten Padang Pariaman. (saco)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *