Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Wabup Pasbar Lantik Ketua KAN Sinuruik


Pasbar,  fajarsumbar.com - Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto melantik Drs. H Baharuddin, MM mantan Bupati Pasaman Barat periode 2010-2015  sebagai Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat Senin, (5/11) di rumah gadang anak nagari Sinuruik Kecamatan Talamau.

Pelantikan Ketua KAN Sinuruik tersebut, dihadiri Camat Talamau Dasrial, Kabag Humas Yosmar Difia, ninik mamak se Pasaman Barat,  Forkopimca lengkap, dan Ketua LKAAM Sumbar H M. Sayuti Dt Rajo Pangulu, serta walinagari setempat.

Yulianto mengharapkan agar ninik mamak yang bernaung dibawah panji KAN diharapkan bisa membenahi adat dan cucu kemenakan di lingkungan kaumnya.

Dia berharap ninik mamak juga bisa saling bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk memajukan Pasaman Barat. Yulianto juga berharap ninik mamak menjaga persatuan dan kesatuan serta bahu membahu memajukan Kabupaten Pasaman Barat ke depannya.

Camat Talamau Dasrial,  saat memberikan sambutan menegaskan bahwa pengangkatan H Baharuddin sudah sesuai dengan Perda  No 6 Tahun 2018 Kabupaten Pasaman Barat Tentang Pemerintahan Nagari sudah sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Jadi dengan Perda KAN, tersebut polemik apakah H Baharuddin  berhak atau tidak sebagai Ketua KAN sudah terbantahkan, jadi  tidak ada lagi polemik. Buktinya,  Wakil Bupati Pasaman  Barat Bapak H Yulianto datang ke sini melakukan pelantikan mamanda Baharuddin sebagai Ketua KAN," tukas Dasrial.

Oleh karenanya, Dasrial, meminta semua ninik mamak dan tokoh masyarakat dan semua pihak  agar saling bahu membahu untuk memajukan nagari dan mengakhiri polemik ditengah-tengah masyarakat.

Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Dt Rajo Pengulu memberikan apresiasi terhadap sinerji KAN dengan Pemkab Pasaman Barat. "Ini sangat luar biasa perhatian Pemkab Pasbar kepada KAN Sinuruik yang dipimpin mantan bupati duo priode ini,"kata Sayuti.

Dia  berpesan kepada pengurus KAN dan ninik mamak untuk saling bekerjasama memajukan dan memperbaiki nagari sesuai dengan tataran adat Minangkabau. "Tidak ada kesuksesan di dunia ini kalau tidak dengan sinerji atau kerjasama, semua elemen harus diberdayakan," sebutnya.

"Banyak yang harus dibenahi ninik mamak, sesuai dengan filosofi adat Minangkabau, Adat Bersendikan Syarak, Syarak Bersendikan Kitabullah. Sebagai bukti,  peran hukum adat ada, sebelum kemerdekaan RI nenek moyang kita sudah menerapkan  hukum adat dalam kehidupan bermasyarakat," sebut Sayuti.

Selain pelantikkan Ketua KAN Sinuruik oleh Wabup Yulianto, Manti adat KAN, setempat juga membacakan penempatan SK Bupati Pasaman Barat tentang penempatan pegawai negeri sipil atas nama  Supri Nasution sebagai staf di kantor KAN setempat.

Sementara itu, Baharudin usai dilantik mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat H Syahiran,  dan Wabup Yulianto yang telah menempatkan ASN di kantor KAN untuk memajukan KAN Sinuruik dimasa depan.

" Ini pertama di Sumatera Barat ASN ditempatkan di KAN. Ini  istimewa sekali. Kita berterima kasih kepada Bupati. Mudah-  mudahan bisa memajukan adat di Pasaman Barat dimasa depan," sebut Bahar.

Baharuddin,  menyebutkan bahwa penguatan adat merupakan benteng terdepan menghadapi budaya asing dan pengaruh global. Sebab adat bersendikan syarak, syarak Bersendikan Kitabullah.

Oleh karena ninik mamak sebut Bahar, sarana  menjadikan KAN sebagai alat pintu masuk kepada pemerintah atau sebaliknha sebagai perpanjangan pemerintah di masyarakat.

" Bagi KAN adalah pintu masuk untuk memperoleh bantuan, baik moril maupun materil dari pemerintah demi kemajuan nagari,  yang selama ini kurang terpenuhi," sebut Bahar.

Dia juga menyampaikan sesuai dengan visi dan misi nagari Sinuruik yg didalamnya terdapat jadwal  melewatan pucuk adaik Tuanku Sati yang merupakan agenda KAN Sinuiruik yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (Andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *