Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Jembatan Batang Karimo, Sijunjung Rusak Parah, Pemerintah Belum Menganggarkan untuk Perbaikan


Sijunjung, fajarsumbar.com - Jembatan Batang Karimo,  Jorong Koto Tuo Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung memprihatinkan. Jembatan yang menghubungkan nagari-nagari yang ada di Kecamatan Lubuk Tarok tersebut rusak sejak satu tahun terakhir akibat di terjang banjir bandang  2016  lalu.

Menurut informasi yang di terima dari beberapa pihak anggaran pembangunan jembatan tersebut sudah diajukan ke pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), namun sampai sekarang belum juga ada tanda tanda akan di perbaiki segera, bahkan kalau tidak juga di perbaiki mungkin akan lebih membahayakan masyarakat terutama kendaraan yang lalu lalang setiap waktu di jembatan tersebut

Jembatan itu menghubungkan transportasi masyarakat di enam nagari di Kecamatan Lubuk Tarok.  Nagari Lalan, Lubuk Tarok, Kampung Dalam, Buluh Kasok, Silongo dan Latang, Nagari Taratak Baru yang berada di Kecamatan Tanjung Gadang.

Masyarakat setempat sangat mengharapkan jembatan tersebut diperbaiki karena selain kelancaran trasportasi, juga mempermudah warga membawa hasil pertanian mereka ke pasar.

"Kalau jembatan ini tidak juga segera diperbaiki maka arus transportasi masyarakat akan semakin sulit bila bepergian keluar dari Lubuk tarok mereka harus memutar kendaraannya terlebih dahulu ke arah Taratak Baru di Kecamatan Tanjung Gadang dan itu memakan biaya dan waktu cukup lama," ujar salah seorang tokoh masyarakat setempat, AA Dt. Paduko Rajo kepada fajarsumbar.com, Sabtu (8/12/2018).

Menurutnya, sampai saat ini belum ada tanda tanda jembatan ini akan diperbaiki. Beberapa waktu lalu ada anggota Komisi II DPR RI dan dari Kementerian PUPR datang ke Sijunjung dalam rangka melihat kondisi jalan ke Geopark Silokek Durian Gadang.

Namun sumber yang akurat diterima fajarsumbar.com, tidak ada sama sekali anggaran untuk jembatan batang Karimo tersebut. "Ini tentu sangat di sayangkan," ujar Dt. Paduko Rajo. (saldi)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *