Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pemko Sawahlunto Raih Penghargaan dari KPK

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat menerima penghargaan Komitmen Daerah Berkontribusi di Jaga Perizinan Tahun 2018 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Sawahlunto, fajarsumbar.com - Pemerintah Kota Sawahlunto kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Rabu (5/12) kemarin, Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH menerima penghargaan Komitmen Daerah Berkontribusi di Jaga Perizinan Tahun 2018 dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Acara yang dihelat di Gedung Menara Bidakara Jakarta itu merupakan rangkaian memperingati Hari Anti Korupsi Se-Dunia (hakordia) yang setiap tahun dilaksanakan oleh lembaga anti rasuah ini. Acara tersebut dibuka langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Penghargaan yang diterima Pemko Sawahlunto tersebut tidak lain atas prestasi pelayanan perizinan yang dilakukan secara online. Pelayanan perizinan dibawah Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja ini telah memudahkan masyarakat dalam pengurusan perizinan.

Kepala DPMPTSPNaker Kota Sawahlunto, Dwi Darmawati, SH bersyukur atas prestasi yang diraih. Namun demikian, penghargaan tersebut katanya menjadi cambuk bagi dinas untuk terus meningkatkan pelayanan perizinan. "Kami mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh KPK. Sekalian ini juga cambuk bagi kami kedepan untuk terus meningkatkan pelayanan di kantor kami," kata Dwi Darmawati.

Ditambahkan Dwi Darmawati bahwa seluruh prosedur perizinan yang ada pada dinasnya dilakukan bersasarkan peraturan perundang undangan. Ternasuk pelayanan perizinan online juga mengacu pada aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat yang tentunya atas dasar Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK).

Saat ditanyakan jumalah perizinan yang dikeluarkan OPD, Dwi Darmawati mengatakan ada sebanyak 101 perizinan. Seluruh bentuk perizinan yang dulu dilakukan pada OPD lain, kini semuanya sudah dilimpahkan ke OPD DPMPTSPNaker.

DPMPTSPNaker Kota Sawahlunto juga memberikan batuan kepada masyarakat dalam pengurusan perizinan. Bagaimanapun, tidak semua masyarakat paham dengan internet atau mengurus perizinan online itu.

Saat ini beberpa instasi terkait dalam perizinan sudah dilakukan kerjasama, seperti dengan pajak telah dilakukan kerjasama dalam akses Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), dengan BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. (adrial)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *