Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ribuan Warga Hadiri Puncak HJK Padang Panjang ke-228


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Ribuan warga Padang Panjang menghadiri puncak peringatan hari jadi kota (HJK) Padang Panjang ke-228, Sabtu (1/12).

Berbeda dari tahun sebelumnya, peringatan kali ini dipusatkan di lapangan Bancah Laweh. Biasanya di gedung DPRD.

Acara diawali rapat pleno istimewa DPRD. Sebelum rapat dilaksanakan rombongan niniak mamak dari tiga KAN Padang Panjang menuju rumah ketua DPRD sebagai titik kumpul dan selanjutnya rombongan bersama walikota dan wakil walikota  berjalan kaki menuju Banca Laweh.

Rapat dibuka Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, dihadiri Walikota  Fadly Amran, Wakil Walikota Drs. Asrul, Gubernur Sumatra Barat diwakili Kepala Badan Pengembangan SDM Dr. Jefrinal Arifin, SH, M.Si, unsur Forkopimda, ketua dan wakil Ketua TP PKK Kota Padang Panjang dr. Dian Puspita Fadly Amran dan Era Asrul, pejabat di lingkungan pemerintah, Kepala OPD, niniak mamak, Ketua KAN, Bundo Kanduang,  mantan walikota dan wakil walikota Padang Panjang serta para atlet peraih medali pada ajang Porprov XV Padang Pariaman.

Walikota Fadly Amran menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada segenap warga Kota Padang Panjang

"Mudah-mudahan melalui momentum yang berbahagia ini, akan terjalin tali silaturrahmi dan jembatan hati yang lebih harmonis dalam menata kehidupan yang lebih baik di masa akan datang," ujar Fadly.

Dikatakan, masyarakat Minangkabau identik dengan budaya, dan pada HJK kali ini, Pemko berkomitmen bersama angku, niniak mamak, ketua KAN, bundo kanduang bersama pejabat di lingkungan Pemko memeriahkan HJK dengan memakai pakaian kebesaran "taluak balango".

"Kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan kebudayaan Minangkabau," ujarnya.

Walikota mengajak masyarakat Padang Panjang  memaknai HJK untuk memperkuat nilai-nilai penting yang harus dipupuk terus menerus dalam memersatukan masyarakat serta memberikan inspirasi dalam menjawab tantangan perkembangan kota di masa datang yang kian modern dan global.

Sementara Jefrinal Arifin yang membacakan sambutan tertulis gibernur pada  kesempatan tersebut mengucapkann selamat ulang tahun untuk Kota Padang Panjang semoga peringatan ini akan mampu memberikan motivasi yang tinggi untuk membangun Padang Panjang kedepannya.

Di penghujung acara, walikota Fadly memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat yang telah berjasa memajukan Padang Panjang baik dari segi pendidikan, kesehatan, sosial budaya, keagamaan, olahraga dan koperasi, serta pemberian secara simbolis kepada atlet Prprov yang telah meraih medali emas yang telah membawa nama baik Kota Padang Panjang.

Acara kemudian dilanjutkan pemotongan kue HJK dan ditutup dengan "makan bajamba" bersama dengan niniak mamak dan ketua KAN. (syam)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *