Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Walinagari Kampung Dalam, Sijunjung Mundur, BPN Siapkan Pengganti


Sijunjung, fajarsumbar.com - Walinagari Kampung Dalam, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung mengunduran diri, lantaran ia maju sebagai caleg Kabupaten Sijunjung untuk periode 2019-2024.

Sebelumnya waligari tersebut dijabat Muklek Sandra, kini ia ingin mencoba peruntungan menjadi anggota DPRD Sijunjung. Panitia yang dibawah koordinasi lembaga BPN mulai mempersiapkan penggantinya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Dalam waktu dekat ini kami mempersiapkan pengganti walinagari Kampung Dalam, Kecamatan LubukTarok, Kabupaten Sijunjung ini. Kini kami sedang mensosialisasikan kepada masyarakat apa langkah-langkah selanjutnya untuk dijadikan penggantian antar waktu walinagari ini," ujar Pjs Walinagari Asrijal kepada fajarsumbar.com di Sijunjung, Jumat (7/12/2018).

Menurutnya, sehubungan dengan pengunduran diri walinagari Muklek Sandra karena maju sebagai calon Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung periodee 2019-2024, ia bersama tokoh masyarakat lainnya, BPN mulai mensosialisasikan kepada masyarakat.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 sebagai pengganti Permendagri Nomor 112 tahun 2014 tentang Tata Cara Pemilihan Penggantian Antar Waktu (PAW) walinagari.

Menurut Asrijal, ada beberapa hal penting yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut. Di antaranya Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) memiliki wewenang untuk melakukan langkah-langkah pemilihan PAW.

Membentuk panitia pemilihan, pengajuan anggaran PPWN, pengumuman kepada masyarakat, penjaringan calon dan pemilihan serta pelantikan walinagari terpilih oleh bupati nantinya.

Sementara itu ketua BPN Kampung Dalam, Dafri Charpi menyambut baik sosialisasi tersebut dan akan melakukan langkah-langkah yang tepat, sehingga Nagari Kampung Dalam memilih walinagari yang baru melalui PAW. "Masa jabatan walinagari hasil PAW ini sampai 2021, karena periode pemilihan walinagari definitif nanti akan di lakukan sekitar September 2021 mendatang," tutup Dafri. (saldi)



Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *