SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pembukaan MTQ Nasional, Pemprov Sumbar Kebut Pembangunan Main Stadium

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama tim meninjau pembangunan Main Stadium di Sikabu Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (10/1). Melati

Padang Pariaman, fajarsumbar.com - - Pembangunan Main Stadium di Sikabu Kabupaten Padang Pariaman, hingga Januari 2019 sudah mencapai 30 persen. Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumbar optimis, Main Stadium dapat digunakan untuk pembukaan perhelatan MTQ Nasional tahun 2020.

"Oktober 2020 Sumbar akan jadi tuan rumah MTQ Nasional. Stadion ini direncanakan menjadi lokasi pembukaan karena itu pembangunannya kita percepat," ucap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat meninjau pembangunan stadion itu di Padangpariaman, Kamis (10/1/2019).

Berdasarkan peninjauan bersama tim, pondasi dan rangka sudah berdiri kokoh mengelilingi bangunan stadion. Direncanakan tahun ini bisa diselesaikan lantai pertama pada tribun bagian barat untuk VIP.

" Kami optimis sarana dan prasarana lokasi pelaksana MTQ Nasional itu bisa selesai tepat waktu," ucap Nasrul.

Menurutnya pemerintah Provinsi Sumbar mengalokasikan Rp179 miliar pada 2019 untuk melanjutkan pembangunan fisik stadion dengan kapasitas tampung 45 ribu orang itu.

Anggaran tersebut bakal ditambah pada 2020 untuk menyelesaikan proyek, diantaranya melengkapi infrastruktur pendukung lain seperti jalan dan parkir.

"Pertengahan 2020 ditargetkan pembangunan mencapai 60 persen, sehingga sudah dapat dipergunakan untuk pembukaan MTQ," ucapnya.

Sementara itu terkait persiapan sebagai tuan rumah MTQ Nasional, Nasrul mengatakan akan memperkuat materi Qori dan Qoriah dengan pelatihan terpusat yang lebih panjang.

Hal itu untuk menebut anjloknya prestasi kafilah Sumbar pada MTQ nasional di Medan 2018 yang hanya berada di peringkat 14 atau turun tujuh tingkat dari MTQ Nasional di Mataram Nusa Tenggara Barat tahun 2016.

"Pembinaan kepada qori qoriah akan lebih panjang waktunya, agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan,"katanya. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *