SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pendataan Aset Harus Professional


Padang Panjang.fajarsumbar.com - Pendataan aset daerah harus dikelola secara profesional. Penegasan itu disampailan Walikota Padang Panjang Fadly Amran kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di balaikota Jumat (11/1).

Walikota didampingi Wakil Walikota Asrul. Pertemuan ini lanjutan dari pertemuan sebelumnya. Dalam pertemuan ini dibahas mengenai pengelolaan barang milik daerah yang di manfaatkan OPD Padang Panjang.

Pengelolaan barang milik daerah diawasi o bidang aset dan BPKD. Setiap tahunnya akan dilakukan pendataan kembali, baik dalam bentuk benda habis pakai, inventaris ataupun tanah yang dimiliki OPD.

Sebelumnya terdapat beberapa kendala di beberapa tahun ke belakang dalam pendataan aset milik daerah. Namun, Fadly memerintahkan untuk pelaporan pada awal tahun dapat menjadi yang pertama melaporkan mengenai aset milik daerah ke BPK (Badan Pengawas Keuangan) pusat.

"Menjadi yang tercepat bukan berarti tidak dapat di pertanggung jawabkan.
Walikota Fadly  menegaskan bahwa setiap OPD harus bisa bergerak cepat dan professional dalam mendata aset ini," tegasnya.

Terdapat 62 persil lahan yang merupakan milik pemerintah daerah namun masih atas nama pemilik sebelumnya. Hal ini juga menjadi permasalahan ketika pemeriksaan oleh BPK.

Menghindari hal ini BPN Padang Panjang jsecara terbuka mewarkan bantuan kepada OPD yang masih terkendala permasalahan lahan atau tanah yang belum ‘balik nama’.

Fadly minta BPKD agar bisa menyeleaikan laporan mengenai aset ini dapat dirampungkan segera. Dengan tenggat waktu dua minggu sudah dapat diselesaikan. Pembahasan soal aset ini juga diikuti  Pj.Sekko Martoni. (syam)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *