SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pensiun, ASN Harus Tetap Aktif


Padang, fajarsumbar.com - Setiap aparatur sipil negara (ASN) memasuki masa pensiun atau purna tugas, diharapkan memiliki perencanaan positif di samping menikmati waktu istirahat atau non aktif dari rutinitas sebelumnya.

Seperti orang kebanyakan, para pensiunan baik di instansi pemerintah atau swasta biasanya mengisi masa pensiun dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, anak dan cucu. Tak hanya itu juga ada yang berkecimpung dengan menggerakkan usaha bisnis, mengikuti pengajian, aktivitas sosial kemasyarakatan, partai politik atau forum-forum positif lainnya.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Humas Pemko, Imral Fauzi sewaktu melepas dua mantan ASN di jajarannya yang memasuki purna tugas di ruang kerjanya, Selasa (8/1). Keduanya atas nama Zanis (58) dan Nazaruddin (58) yang pensiun per awal Agustus 2018.

Menurut mantan Camat Bungus Teluk Kabung itu, perubahan di rutinitas serta psikologis seseorang ketika pada masa pensiun sangat beragam. Ada yang positif dan ada yang negatif. Namun tentunya, setiap orang mendambakan masa pensiun yang positif dan berguna. Dan hal tersebut dapat dicapai dengan perencanan yang tepat.

“Banyak yang setelah pensiun beralih ke bisnis, aktif di tengah masyarakat, kegiatan keagamaan serta berkecimpung di dunia usaha sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Menurut saya itu sangat tepat, karena masa purna tugas bukan akhir dari segalanya. Tapi waktunya kita untuk berbuat apa saja yang penting positif bagi diri, keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara ini,” tukuk dia.

Selanjutnya atas nama jajaran Bagian Humas Setdako, Imral pun menyampaikan ribuan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan dua mantan stafnya tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada ibu Zainis dan pak Nazaruddin yang cukup lama berdinas di Pemko khususnya Bagian Humas. Semoga apa yang telah bapak ibu lakukan menjadi amal ibadah dan semoga pengalaman dan ilmu yang dimiliki mampu kita warisi untuk menjaga keberlanjutan tugas kehumasan ke depan,” tandasnya mengakhiri didampingi 3 Kasubagnya.

Di akhir pertemuan, jajaran Bagian Humas Setdako menyerahkan cendera mata kepada dua ASN yang memasuki masa pensiun tersebut. Semuanya saling bercengkrama sembari memberikan doa serta selamat. (*/ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *