SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Setelah Menikah, Warga Payakumbuh Langsung Dapatkan KK dan KTP El Baru


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Untuk mempermudah warga di daerahnya yang baru menikah dalam mengurus berkas kependudukan seperti kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik baru, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh menjalankan inovasi program Sinikakekseleb (siap nikah kartu keluarga siap dibuat).

“Inovasi Sinikakekseleb ini memudahkan warga yang baru menikah. Jadi begitu selesai menikah KK baru dan KTP-el barunya langsung diterima,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Payakumbuh, Ali Imran, Selasa (8/12019)

Dalam menjalankan program Sinikakekseleb ini, Disdukcapil Kota Payakumbuh dibantu oleh petugasnya yang terdapat di lima kantor KUA tersebut. “Jadi petugas kita di KUA tersebut membantu calon pengantin yang akan menikah tersebut untuk memenuhi persyaratan pembuatan KK dan KTP-el baru,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam pelayanan terhadap warga yang melakukan pengurusan berkas kependudukan di Disdukcapil Kota Payakumbuh, mulai dari KK, KTP-el, dan akte kelahiran, prosesnya tuntas dalam satu hari. Hal itu selama warga yang melakukan pengurusan tersebut melengkapi berkas-berkas pendukung lainnya.

“Karena itu, antrean tidak pernah panjang di kantor kita (Disdukcapil) ini. Kalau semuanya lengkap proses tidak sampai satu jam,” ulasnya.

Dikatakan Ali Imran, Disdukcapil Kota Payakumbuh berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap warga di daerahnya tersebut. Salah satu bentuknya adalah dengan menjemput bola langsung, seperti melakukan perekaman KTP-el ke SLTA-SLTA yang ada di Kota Randang tersebut.

“Kami sudah melakukannya untuk menjaring pelajar-pelajar SLTA yang sudah kelas tiga karena usia mereka sudah akan 17 tahun dalam waktu dekat ini,” pungkas Ali Imran.(AMP)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *