SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

SPNF SKB Wilayah I Padang, Bakal Adakan Uji Kompetensi Pendidik PAUD

Nova Devista

Padang, fajarsumbar.com - Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Wilayah I Kota Padang akan mengadakan uji kompetensi pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jika kuota telah terpenuhi ujian tersebut bakal dilaksanakan pertengahan 2019 ini.

Hal itu dikatakan Kepala SPNF Wilayah I Kota Padang, Nova Devista, Senin (14/1/2019). "Kami telah membuka pendaftaran mulai awal Januari 2019 ini, jika kuota telah terpenuhi 40 orang pendidik PAUD, maka ujian dilaksanakan. Paling tidak pertengahan tahun ini," jelas Nova.

Menurutnya, uji kompetensi pendidik PAUD tersebut salah satu kebijakan dan strategi yang ditempuh Kemendikbud untuk meningkatkan akses layanan PAUD berkualitas dengan meningkatkan kompetensi dari pendidik. Sebab pengukuran kompetensi pendidik itu melalui uji kompetensi.

Tempat pelaksanaannya, yang sudah memenuhi standar sesuai ketetapan dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK). Ketetapan itu ditentukan LSK pendidik PAUD yang berkedudukan di Jakarta.

Disebutkan, SPNF SKB Wilayah I Padang merupakan salah satu tempat uji kompetensi (TUK) Pendidik PAUD di Sumatera Barat yang telah ditetapkan oleh LSK dan merupakan satu-satunya TUK pendidik PAUD di Kota Padang.

Tempat uji kompetensi diharapkan dapat memfasilitasi terhadap peningkatan kompetensi para pendidik PAUD, dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan pendidik PAUD dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional untuk mendidik anak agar dapat mencapai tahapan perkembangannya secara optimal.

Menurutnya, sebelum dilaksanakan ujian kompetensi tersebut, SPNF SKB Wilayah I telah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) TUK LSK tersebut. Pesertanya terdiri dari Ketua IGTKI PGRI, Ketua Himpaudni dan sekretaris, penilik pengawas dan pamong belajar dari SKB.

Kegiatan itu mendatangkan nara sumber dari Direktorat Pembinaan PAUD TUK yang dilaksanakan pada 9 Januari kemarin. Sosialisasi itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *