Lapas Biaro Bukittinggi Terbakar

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Lapas Biaro Bukittinggi Terbakar

Senin, 21 Januari 2019

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bukittinggi, di Biaro Kecamatan IV Angkek, Agam, Senin (21/1) siang terbakar.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wib, namun penyebab kebakaran belum diketahui karena petugas masih malakukan penyelidikan.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jemhana menuturkan kebakaran itu terjadi di Wisma Kemboja Blok D. Dalam peristiwa itu tidak ada korbam jiwa maupun napi yang kabar.

"Semua penghuni lapas selamat dan tidak ada yang kabur,"ujar Arly Jembar Jemhana.

Namun penyebab kebakaran menurut Arly, tim edentifikasi masih dalam penyelidikan. Bahkan tim Inavis Polda juga turun ke lapas untuk mencari penyebab kebakaran itu.

Sementara Kalapas Klas II A Bukittinggi, Marten mengatakan kebakaran itu terjadi seusai pergantian shif siang.

Seusai pergantian shif tiba-tiba salah seorang penghuni kamas 3 blok D yang terbakar itu memberitahukan kepada petugas yang menjaga blok D itu, ujar Marten.

Selanjutnya Adika yang menjaga blok D itu langsung mencek informasi dan setelah dipastikan adanya kebakaran di Blok D itu, petugas langsung memberitahukan KKLP dan Kalapas. Informasi itu juga diteruskan ke petugas pemadam kebakaran dan pihak kepolisian.

"Pada saat kebakaran kita lebih fokuskan untuk menyelamatkan napi dan mengamankanya. kita juga minta bantuan kepada pihak kepolisian untuk mengamankan sekitar lapas. Alhamdulilah semua napi selamat dan tidak ada yang kabur," tegasnya.

Menurut Marten Blok D itu dihuni sebanyak 74 napi yang sudah dipercaya sebagai Tahanan Pendamping (Tamping).  "Di blok D itu ada delapan kamar dengan jumlah penghuni 74 orang,"ujarnya.

Namun saat kejadian sebagian besar meraka tidak berada di kamar, karena sedang bekerja di sejumlah blok yang diberikan amanah kepada mereka

Kebakaran di Lapas Klas II A Bukittinggi itu membuat sejumlah keluarga napi cemas,  bahkan banyak diantara mereka yang mendapatkan informasi lapas itu terbakar datang ke lapas.

Setiba di lapas kecemasan keluarga napi itu juga tidak berakhir karena mereka tidak bisa masuk ke lapas sehingga tidak mengetahui kondisi keluarga mereka.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran di kerahkan untuk memadamkan api. Bantuan juga datang Agam, Bukittinggi, Padang Panjang dan sejumlah daerah lainya.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 Wib. (*)