SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Dana Insentif Daerah Padang 2019 Capai Rp52 Miliar

Kepala BPKAD Kota Padang Andri Yulika memaparkan informasi terkait APBD 2019 di Balai Kota Padang, Rabu (23/1). Melati

Padang, fajarsumbar.com -- Kota Padang mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) untuk 2019 mencapai Rp52 miliar. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat yang didapatkan Kota Padang, jika dibandingkan tahun sebelumnya, hanya Rp28 miliar.

"DID diberikan pemerintah pusat karena kita berhasil dalam berbagai inovasi, prestasi dan program yang dijalankan Pemko Padang," ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Andri Yulika, Rabu (23/1) di Balai Kota Padang.

Andri merincikan, yang mendapat DID dari pusat diantaranya Puskesmas Padang Pasir dengan inovasi kelas Ibu Muda (Imud). Dimana berhasil meraih penghargaan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik pada 2018, sehingga diberi DID sebesar Rp9 miliar.

Selain itu, dari pengelolaan sampah dianggap baik, buktinya mendapatkan Piala adipura, sehingga diganjar DID senilai Rp9 miliar. Kemudian karena pengelola keuangan juga dianggap baik, mendapat tambahan dana senilai Rp15 miliar.

"Begitu juga dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dinilai baik, dan juga di bidang pendidikan dasar mendapatkan DID Rp9 miliar," ujarnya.

Sementara itu, untuk penyaluran penggunaan DID, kata Andri sangat fleksibel. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berhasil meraih DID dapat mempergunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, kelas Imud mereka minta adanya perluasan Puskesmas dengan membeli tanah yang dipergunakan untuk parkir. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang berhasil mendapat DID meminta untuk pembeliaan alat pengelolaan sampah menjadi lebih baik sesuai yang dibutuhkan.

"Di Dinas Pendidikan mereka minta untuk digunakan untuk penambahan ruang kelas," katanya.

Tambahan Andri, tidak semua DID tersebut dipergunakan OPD yang berhasil mendapatkannya. Namun dapat juga dipergunakan untuk hal-hal lain seperti membangun infrastruktur. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *