SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Hari Jadi Padang Pariaman ke-186, Pemkab Buka GAPURA PAPA, Ada Pelayanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gratis

Andri Satria Masri 
 (Kabag Humas dan Protokoler, Padang Pariaman)

Padang Pariaman, fajarsumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman ke-186, Pemkab akan membuka gerai pelayanan yang diberi nama Gerai Pelayanan untuk Rakyat Padang Pariaman (GAPURA PAPA). Berbagai OPD ambil bagian,.lebih menariknya pada gerai itu beberapa dokter spesiallis penyakit dalam hadir untuk memberikan layanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Kabag Humas dan Protokoler, Padang Pariaman Andri Satria Masri kepada fajarsumbar.com, Sabtu (5/1/2019) menyebutkan, GAPURA PAPA yang akan digelar di Kantor Pemda Padang Pariaman, Parik Malintang berlangsung selama tiga hari 9 - 11 Januari 2019. "Kegiatan GAPURA PAPA dapat dirasakan warga. Artinya, warga bisa terlayani secara baik dan bijak untuk meningkatkan rasa kebersamaan antara warga dengan aparat," tambah Andri.

Menurutnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lainnya yang telah mendaftar ke panitia untuk menyediakan layanan. Di antaranya, Dinas Kesehatan akan menyediakan pelayanan Screening Kesehatan. Pemeriksaan kesehatan, cek tekanan darah, cek IVA, cek laboratorium, cek berat badan, konseling kesehatan dan gizi, serta lainnya.

Dinas Dukcapil memberikan pelayanan administrasi kependudukan (KTP-El, KK, akta kelahiran dan lainnya.  Dinas : Pelayanan Perizinan (IMB, SITU, SIUP, dll). Pelayanan BPJS Padang Pariaman, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pelayanan (BPKD) dalam pelayanan Pajak Bumi Bangunan (PBB), Samsat Padang Pariaman untuk Pelayanan Pajak Kenderaan.

Selain itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memberikan layanan Pustaka Keliling. Dinas Kominfo memberikan Pelayanan Informasi dan Data/PPID, kantor Kemenag memberikan Pelayanan Administrasi Nikah dan Bimbingan Masyarakat Islam, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinas PPKB) dalam Pelayanan Keluarga Berencana dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KBMKJP).

Dinas Peternakan dalam pelayanan vaksinasi rabies kucing, anjing dan kera milik masyarakat, Bagian Humas memberika sosialiasi penggunaan dan pemanfaatan aplikasi lapor.go.id. SATPAS SIM Polres Padang Pariaman memberikan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Andri menyebutkan, layanan  informasi dan kebutuhan bidang pertanian seperti BRIGADE TANAM, Gerai pelayanan jasa alsintan dengan menyediakan rice transplanter, HT RD 2 dan RD 4, pompa air, mesin panen padi dan jagung.  OTO TTI mobil toko tani Indonesia, menyediakan kebutuhan pangan segar dengan harga pasar.

Pusat Informasi Pertanian dan Pangan Padang Pariaman (PIPATHREE), melayani berbagai informasi serta konsulen. informasi tentang harga pasar Padang Pariaman, Pelayanan Informasi dan Konsultasi Pemanfaatan Pekarangan dan Pengolahan Menu B2SA, Informasi Keamanan Pangan Segar, Pelayanan Informasi Mengenai Pertanian Organik, Informasi Benih, dan Pengendalian Terhadap Hama dan Penyakit, Informasi Ketersedian Bibit Perkebunan yang Bersetifikat, seperti Bibit Kelapa, Bibit Pinang Wangi, dan Entres Kakao BL 50,

Informasi jadwal dan lokasi pengendalian hama tanaman perkebunan seperti buru tupai. Brigade pengendalian hama terserang, seperti hama brontisfa pada kelapa dan PBK pada kakao, informasi dan konsultasi tentang mendapatkan izin menangkar tanaman perkebunan.

Yang sangat urgen sekali, tambah Andri, pelayanan kesehatan langsung dari dokter spesialis RSUD Padang Pariaman dengan menggunakan peralatan yang canggih dan semuanya gratis.

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh dokter Spesialis. Seperti penyakit dalam,spesialis anak, spesialis syaraf, spesialis obstetri dan ginekologi, spesialis paru, spesialis kulit dan kelamin, spesialis mulut dan gigi, spesialis mata, spesialis patologi anatomi.

Sirkumsisi gratis oleh dokter spesialis bedah, operasi bibir sumbing oleh dokter spesialis bedah mulut,  deteksi dini tumbuh kembang pada bayi dan balita,pemeriksaan USG ibu hamil, screening fungsi kognitif pada usia lanjut menggunakan instrumen MMSE dan MoCA, pemeriksaan EKG, pemeriksaan fungsi paru dengan spiromteri, screning katarak.

Kemudian, pemeriksaan dan konsultasi mengenai gigi, deteksi kanker rahim dengan pemeriksaan papsmear. "Kecuali beberapa pelayanan yang secara aturan dikenakan biaya seperti pembuatan SIM, IMB, Pajak Kendaraan, PBB" ujarnya.

Diagendakan Sekali Sebulan
Untuk memberikan pelayanan yang prima, kegiatan GAPURA PAPA diprogramkan setiap bulan diadakan. Ke semua OPD dan instansi terkait akan turun ke titik lokasi yang masih rendah capaian pelayanan.

Ia menambahkan, memang ada instruksi Mendagri supaya menyediakan mall layanan publik, bahkan telah ada kota yang membuatnya. "Untuk Padang Pariaman belum memungkinkan karena kondisi wilayah dan tebaran penduduk," ujar Andri.

Namun demikian, hasil dari diskusi internal dengan beberapa dinas, maka strategi terbaik dengan menggelar GAPURA PAPA dengan sistem jemput bola. "Barengan bupati Padang Pariaman turun ke lokasi itu mendengarkan aspirasi warganya tentang kebutuhan pembangunan inprastruktur dan lainnya yang bersifat konstruktif demi kemajuan daerah ini," terang Andri mengakhiri. (saco)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Contact Form

Name

Email *

Message *