SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Kota Padang Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Hingga Akhir Januari

Kepala BPBD Kota Padang Edi Hasymi


Padang, fajarsumbar.com-- Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun BIM Kabupaten Padangpariaman, memperkirakan hujan bakal mengguyur Kota Padang hingga akhir Januari 2019. Diperkirakan hujan dengan  intensitas sedang hingga lebat itu, akan berpotensi terjadi bencana longsor dan banjir.

“Dari Oktober 2018 lalu hingga Januari ini secara klimatologis merupakan bulan dengan curah hujan yang tinggi dibandingkan bulan lainnya," ucap Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun BIM, Yudha Nugraha, Senin (21/1/2019).

Ia menuturkan, kondisi cuaca diprediksi masih didominasi dengan angin kencang dan hujan sedang hingga lebat, mulai dari siang hari hingga malam.

Selain di Padang, kata Yudha, kondisi cuara serupa juga terjadi di wilayah pesisir Sumbar lainnya. Seperti, Kepulauan Mentawai, Padangpariaman, Pariaman, Agam, Pesisir Selatan dan Kepulauan Mentawai.

Ia menambahkan, dengan kondisi cuaca seperti itu, dapat meningkatkan kelembaban dan kejenuhan air tanah. Sehingga perlu diwaspadai titik-titik rawan longsor.

“Selain berpotensi longsor, karena curah hujan yang cukup tinggi, juga berpotensi potensi terjadinya banjir,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Edi Hasymi mengimbau warga Kota Padang agar lebih siaga dan meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kondisi cuaca saat ini.

“Selalu tingkatkan kesiapsiagaan terutama saat hujan lebat pada malam hari khususnya di daerah rawan banjir dan longsor,” kata Edi.

Menurutnya, daerah rawan banjir ini tetap berpotensi terjadi di Jondul Rawang Kecamatan Padang Selatan. Sedangkan daerah rawan longsor terjadi di kawasan Lubukparaku, Bukit Lampu dan kawasan Gunung Padang. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *