Jelang Pemilu Bupati Pasbar Ingatkan Pejabatnya

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan


Jelang Pemilu Bupati Pasbar Ingatkan Pejabatnya

Senin, 28 Januari 2019


Pasbar, fajarsumbar.com - Bupati Pasbar Syahiran menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) mengingatkan pejabatnya untuk hati-hati. Pasalnya, bulan politik rentan sekali mendatangkan tindakan korupsi

"Imbauan itu kita berikan sesuai surat Komisi Pemberantasan Korupsi RI pada 31 Desember 2018 nomor: B/9459/KSP.00/01-16/12/2018 tentang komitmen bersama pemberantasan korupsi terintegrasi diseluruh daerah," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran melalui Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Yosmar Difia di Simpang Empat.

Menurutnya, surat penegasan itu disampaikan kepada seluruh jajarannya mulai dari Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat dan Walinagari tentang pencegahan korupsi dalam penyelenggaraan pemilihan umum presiden dan pemilihan legislatif 2019.

Dalam surat itu ditegaskan dalam proses penegakan hukum yang dilakukan KPK menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebutuhan pendanaan proses politik dengan penyimpangan pengelolaan keuangan negara, daerah, nagari baik dalam proses pengadaan barang/jasa, perizinan dan lainnya.

Berdasarkan hal itu maka seluruh jajaran Pemkab Pasaman Barat diminta untuk mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan pada 17 Januari 2019.
   
Dalam surat itu diminta seluruh jajaran untuk mematuhi surat itu. Pertama, memastikan bahwa pengelolaan keuangan khususnya pengadaan barang dan jasa, batuan sosial, dana operasional atau sejenisnya tidak disalahgunakan sehingga menimbulkan akibat hukum.
   
Kedua, memastikan penyelenggaraan perizinan serta pelayanan publik terbebas dari praktek gratifikasi, suap, pungutan liar dan pemerasan.
   
Ketiga, memastikan penyelenggaraan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak menyalahgunaan kewenangan dan tugasnya.
   
"Mudah-mudahan dengan surat yang diedarkan ini dapat dipatuhi sehingga bisa terhidar dari jeratan hukum," harapnya. (andrizal)