SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Padang Pariaman Jadi Lokasi Video Conference Menkes dengan Bupati Ali Mukhni tentang Kemajuan Perbaikan Gizi Masyarakat

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni sewaktu turun ke lapangan hanya bersandal jepit untuk mendengarkan aspirasi warga masyarakatnya.

Padang Pariaman, fajarsumbar.com -
Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dijadwalkan akan melakukan Video Conference dengan Menteri Kesehatan (Menkes) dan Tim Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat (25/01).

Video Conference dilaksanakan sebagai kegiatan puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 ini akan dilakukan di 2 (dua) Lokasi secara bersamaan.

Bupati Ali Mukhni bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan sejumlah pejabat Pemkab Padang Pariaman berkumpul di Puskesmas Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan, sedangkan Menkes bersama Tim Nusantara Sehat di Ruang Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Tema pembicaraan dalam Video Conference itu tentang Intervensi dan Inovasi Program Gizi yang dilakukan berdasarkan hasil Surveilans Gizi.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara HGN yang juga Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI, Ir. Doddy Izwardy, MA melalui suratnya kepada Bupati Padang Pariaman menjelaskan, terpilihnya Padang Pariaman sebagai salahsatu lokasi Video Conference, disebabkan upaya intervensi Pemkab Padang Pariaman melalui Dinas Kesehatan dalam peningkatan gizi masyarakat. Kerja keras dan upaya Padang Pariaman,dinilai melebihi Kabupaten dan Kota lain di Indonesia.

“Menurut Kemenkes, upaya intervensi dan inovasi program gizi di Kabupaten Padang Pariaman sangat luar biasa. Sehingga pihak Kemenkes ingin mendengar langsung dari Bupati Padang Pariaman melalui video conference" jelas Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Zairil didampingi Ferawati Pengelola Program Gizi.

Ditambahkan Ferawati,  salah satu program inovasi gizi yang mendapat respon positif dari kemenkes adalah pembentukan kader Laskar Nagari Peduli Gizi (LNPG) Padang Pariaman. Kader LNPG merupakan pemberdayaan masyarakat untuk ikut serta dalam upaya perbaikan Gizi masyarakat.

“Kader LNPG dilatih mengenal, memahami dan menguasai materi tentang gizi kemudian bertanggung jawab memantau secara intensif gizi balita dan bayi dua tahun (baduta) di Nagarinya masing-masing. Dan mengedukasi ibu hamil dari awal kehamilan, hingga anak usia 2 (dua) tahun sebagai upaya pencegahan stunting,” jelas Fera.

Selain kader LNPG, sambung Fera, pemilihan lokasi di Kecamatan Batang Gasan karena beberapa Dokter Nusantara Sehat dari Kemenkes ditempatkan di Kecamatan Batang Gasan.

Bupati Ali Mukhni ketika dikonfirmasi mengenai kegiatan Video Conference Jum'at (25/1) itu,  ia membenarkan akan melaksanakan dengan Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat dalam rangka memepringati Hari Gizi Nasional ke-59.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah menunjuk dan memilih Padang Pariaman sebagai lokasi Vidio Conference Hari Gizi Nasional ke-59. Pun kita sangat mendukung penuh dalam upaya p
Pemerintah memberikan layanan yang terbaik untuk meningkatkan gizi masyarakat,” kata Bupati yang mantan Guru SMAN Kampung Dalam itu.

Kegiatan surveilans gizi, sebut Ali Mukhni, diintervensi dengan baik oleh jajaran Dinas Kesehatan, petugas gizi, Dokter Nusantara Sehat dan kader LNPG serta diperkuat dengan penerapan aplikasi e-PPGBM. Sehingga bisa dipantau langsung kinerja petugas dan setiap permasaslahan gizi yang ada di masyarakat dapat ditangani dengan cepat.

“Harapan saya, kiranya peringatan Hari Gizi Nasional ke-59 tahun 2019 ini, dapat menghasilkan komitmen dan kolabarasi seluruh elemen Bangsa untuk bekerja bersama untuk mencegah stunting demi mencapai masyarakat Padang Pariaman sehat dan sejahtera" tambah Ali Mukhni dua priode ini mengakhiri. (saco)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *