SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pemkab Pessel Targetkan Bedah 2.500 Rutiluhu di 2019

Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Mukhridal

Pessel, fajarsumbar.com -Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan sebanyak 2.500 rumah tidak layak huni (Rutiluhu) bakal dibedah sepanjang 2019.

Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Mukhridal mengungkapkan, angka itu sedikit lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya yang hanya 2.000 rumah.

"Karena kita tau, jumlah tumah tidak layak huni hingga kini masih banyak di negeri berjukuk 'sejuta pesona ini,' ungkapnya di Painan, Rabu (9/1).

Program bedah rumah merupakan salah satu upaya dari pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan tersebut dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ditambah dana desa.

Besaran masing-masing untuk penerima bervariasi, tergantung sumber dana. Kalau dana APBD, masing-masing rumah dijatah Rp15 juta.

Besaran serupa juga berlaku dari biaya yang bersumber dari dana nagari. Sedangkan dari alokasi APBN mencapai Rp30 juta untuak tiap rumah penerima.

Saat ini, lanjut Mukhridal, pihaknya tengah menunggu jumlah alokasi dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

"Karena Jumlah paling banyak memang datang dari APBN melalui kementerian," terangnya. 

Namun, guna lebih menyukseskan program, pihaknya mengimbau fasilitor agar bisa mengawasi kegiatan dengan baik. Sebab, tidak tertutup kemungkinan ada penyelewengan.

"Kami mengimbau pada seluruh pelaksana untuk tidak memotong anggaran bedah rumah dalam bentuk apa pun. Sebab, alokasi bedah rumah harus tepat sasarannya, sesuai yang dibutuhkan masyarakat,"tutupnya. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Contact Form

Name

Email *

Message *