SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Pemko Padang Renovasi 5.000 Rumah Warga untuk Penas Tani 2020

Wali Kota Padang Mahyeldi (baju hitam) didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri. (melati) 

Padang, fajarsumbar.com --  Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan merenovasi 5.000 rumah warga, yang dipergunakan untuk penginapan peserta Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas Tani) pada 20-25 Juni 2020. Nantinya, Pemko Padang akan mengalokasikan anggaran Rp15 juta perumah untuk biaya renovasi.

"Setiap rumah penduduk yang digunakan untuk peserta Penas Tani 2020 ini akan dilengkapi penyediaan air bersih dari PDAM, toilet, listrik, dan kamar yang layak. Dengan harapan semua kebutuhan peserta selama kegiatan terpenuhi dengan baik," ucap Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Rabu (30/1) di Padang.

Mahyeldi menuturkan, satu rumah warga akan diisi sepuluh orang peserta Penas Tani 2020. Jumlah peserta mencapai 60.000 orang dari seluruh wilayah Indonesia.

"Peserta Penas Tani yang meminta tinggal di rumah warga, terutama rumah petani dan nelayan," ucapnya.

Nantinya, peserta tersebut akan membayar penginapan dan makan Rp125 ribu perhari setiap orangnya, selama 10 hari. Paling tidak penduduk akan menerima Rp12,5 juta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri mengatakan, saat ini sudah ada 1,400 unit rumah warga yang didata untuk penginapan. Terdapat di tiga kecamatan yakni di Koto Tangah, Nanggalo, dan Kuranji. Ditargetkan sebulan kedepan pendataan dapat diselesaikan.

"Rumah yang dipakai pun jaraknya tidak boleh terlalu jauh dari pusat kegiatan di dekat Balai Kota Padang Aia Pacah. Setidaknya tak melebihi radius satu kilometer," ujarnya.

Tambah Syaiful, warga yang rumahnya akan dipakai untuk penginapan nantinya diberi pembinaan terlebih dahulu. Terkait menjaga kebersihan dan konsumsi untuk peserta Penas Tani.

"Jangan sampai peserta kecewa dengan pelayanan yang diberikan warga," katanya.  (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *