SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Pengembangan Pulau Sanding Butuh Investor Asing

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memaparkan potensi Pulau Sanding ke awak media, Senin (21/1). Melati


Padang, fajarsumbar.com--Pengembangan Pulau Sanding, Kecamatan Pagai Selatan Kabupaten Mentawai, membutuhkan anggaran besar. Untuk itu, investor asing dinilai lebih cocok menanamkan investasi ditempat itu.

"Pulau paling Selatan di Sumbar itu punya potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai resort. Investor asing paling memungkinkan melakukan pengembangan," kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, usai rapat KEK Mandeh, Senin (21/1/2019).

Menurut Nasrul, pulau yang terletak di perbatasan Sumbar dan Bengkulu itu punya pantai berpasir putih dan laut yang sangat jernih. Selain itu, juga memiliki aneka jenis ikan yang berenang bebas di sekitar pantai.

Karakter ombaknya yang tinggi dan panjang mengelilingi pulau juga bisa bersaing dengan ombak di Mentawai yang telah lebih dahulu mendunia untuk olahraga surfing.

"Pengembangan Pulau Sanding sebagai destinasi baru bagi olahraga tersebut dinilai akan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan asing ke daerah tersebut," ujarnya.

Pulau itu juga tidak berpenghuni sehingga tidak akan terkendala oleh pembebasan lahan seperti yang sering terjadi di Sumbar.

Investor asing dari Amerika Serikat disebut tertarik untuk mengembangkan potensi pulau tersebut untuk dijadikan resort kelas dunia.

"Kita dukung jika ada investor yang datang. Yang penting pulau itu dihuni," ujarnya.

Wagub Nasrul Abit berkunjung ke pulau tersebut bersama Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake satu minggu sebelumnya. Kunjungan itu sekaligus untuk meninjau potensi pulau yang selama ini hanya dimanfaatkan sebagai tempat persinggahan bagi nelayan setempat. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Contact Form

Name

Email *

Message *