SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Rafil, Penderita Diabetes di Nagari Aia Gadang Tak Dapat BPJS dan Raskin


Pasbar. fajarsumbar.com - Tidak ada satu orang pun yang menginginkan hidup di hari tua dengan penyakit dan tak dipedulikan  oleh keluarga. Namun, nasib berkata lain. Itulah yang dirasakan oleh Bapak Rafil warga Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Bapak ini sudah setahun menderita penyakit gula atau Diabetes Melitus (DM). Penyakit tersebut sudah merenggut tiga jari kakinya, walaupun begitu hingga sekarang obat belum ada juga.

Laki-laki yang sudah menginjak usia 61 tahun tersebut tinggal seorang diri di gubuk tuanya. Sedihnya lagi, Bapak Rafil tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, baik Jamkesmas maupun bantuan Raskin.

Beberapa waktu lalu, Walinagari Aia Gadang Junaidin dengan anggota dewan setempat Mawardi atau sering dipanggil Dt. Andi menjenguk Bapak Rafil. Mereka Mambawa beras dan pakaian serta obat-obatan.

Menurut Walinagari Aia Gadang Junaidin, Bapak Rafil ditemukan oleh petugas Puskesmas ketika menjalankan program kesehatan masyarakat. Bapak yang tinggal di gubuk tua tersebut tidak diperhatikan oleh keluarga.

"Nampaknya Bapak ini tidak diurus oleh keluarga nya. Kami jujur tidak begitu tahu sebelumnya. Dengan adanya laporan dari masyarakat terutama petugas kami bersama pak dewan Dt Andi langsung menuju rumah Bapak Rafil di Ujung Tanah Nagari Aia Gadang,"papar Junaidin.

Ia melanjutkan, karena tidak memiliki identitas diri Bapak Rafil tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Pihak keluarga juga sudah diminta untuk mengurus identitas diri, sehingga bantuan pemerintah bisa diberikan.

"Kalau kita dipemerintahan nagari akan memberikan bantuan jika kami tahu. Namun, secara berkelanjutan kami juga butuh pertanggungjawaban nya seperti identitas diri yang menerima bantuan tersebut,"kata Junaidin.

Anggota DPRD Pasbar Mawardi atau sering dipanggil Dt. Andi dari fraksi Gerindra mengatakan akan memberikan perhatian kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan pemerintah. Dia akan menyampaikan kepada stakeholder untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Bisa jemput bola dalam mengurus identitas diri, sehingga Pemerintah bisa memberikan bantuan berupa Raskin dan Jamkesmas. Kabarnya Alhamdulillah indentitas diri Bapak Rafil sudah ada. Sehingga Raskin, bedah rumah dan bantuan kesehatan bisa diberikan,"kata Mawardi. (andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *