SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Tingkatkan Keahlian, Pemko Payakumbuh Bina UMKM


Payakumbuh, fajarsumbar.com- Kota Payakumbuh merupakan kota sentra industri dengan skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Peluang bisnis UMKM di Kota Payakumbuh terbilang maju dan pesat. Puluhan UMKM telah lama muncul dan eksis, sementara puluhan lainnya bermunculan, menyambut permintaan pasar yang semakin banyak.

Guna meningkatkan perkembangan dan daya saing UMKM Kota Payakumbuh ditengah persaingan usaha yang semakin sengit, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan acara pembinaan manajemen bisnis bagi pelaku usaha menengah dan koperasi. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Balaikoya Payakumbuh, Senin (21/01).

Acara diikuti sekitar 100 orang peserta dengan menghadirkan seorang narasumber yaitu Country Manager PT. Mutigo Indonesia Jakarta, Masni Eritrina. Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah, Amriul Dt.Karayiang, Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Ny, Henny Riza Falepi, Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dafrul Pasi dan sejumlah perwakilan OPD terkait.

Dalam sambutannya, Sekda berharap pembinaan yang diadakan mampu meningkatkan mutu dan kualitas produk UMKM Payakumbuh yang saat ini sudah cukup baik. Dikatakan, persaingan usaha sudah bersifat global, maka mau tidak mau, pelaku usaha UMKM di Payakumbuh juga harus menyesuaikan diri dengan selera pasar.

"Mudah-mudahan dengan diadakannya pembimbingan ini, pelaku usaha kecil dan menengah bisa berkembang kearah yang lebih baik, bisa menyesuaikan produk yanh dihasilkan dengan selera pasar," ujar Amriul.

Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Hj.Henny Riza Falepi menyampaikan, agar pelaku usaha mampu menyerap berbagai trik manajemen usaha yang disampaikan oleh narasumber.

"Saya berharap pelaku usaha UMKM  harus sigap dan semangat dalam menjalankan pembinaan ini agar kondisi usaha kedepan bisa diperbaiki sesuai tuntutan pasar. Para pengusaha UMKM diharapkan dapat memberikan inovasi dan kreasi terhadap hasil usahanya agar dapat bersaing dan memiliki nilai jual tinggi. Dan yang paling terpenting kualitas dan mutu harus dijaga dengan baik," ujar Ny. Henny.

Sementara, Joni Saputra, salah seorang peserta meminta agar kegiatan pembinaan ditindaklanjuti dengan berbagai kebijakan Pemko yang mempermudah pelaku usaha.

"Pembinaan ini sangat baik bermanfaat bagi kami, semoga kedepan pembinaan seperti ini dilaksanakan secara berkesinambungan," harap Joni yang juga seorang pengusaha coklat asal Nagari Aur Kuning, Payakumbuh. (AMP)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *