SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Uang Perjalanan Dinasnya Dipangkas, Wakil Rakyat Pessel Ngaku Dijahili

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra

Pessel, fajarsumbar.com -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan kecewa dengan pemerintah daerah yang memangkas uang perjalanan dinas wakil rakyat itu.

Ketua DPRD, Dedi Rahmanto Putra menyampaikan pemangkasan itu sama saja dengan menjahili. Sebab, dalam pembahasan besarannya sama dengan 2018.

Namun kenyatannya dipangkas hampir 50 persen. "Biasanya Rp1 juta per hari. Kini hanya Rp530 ribu," ungkap dia pada wartawan di Painan, Kamis (31/1).

Besaran yang ditetapkan sama dengan anggaran perjalanan dinas staf. Alasan efisiensi anggaran yang disampaikan pemerintah daerah menurutnya tidak rasional.

Apalagi pemangkasan tanpa melibatkan DPRD. Kebijakkan yang diambil hanya sepihak. Pemerintah daerah juga tidak menyampaikan penggunaan uang dari hasil efisiensi itu untuk apa.

Kalau tujuan efisiensi, seharusnya mobil dinas pejabat eselon II pun harus diganti dengan yang lebih murah. Jangan Kijang Innova, misalnya. Tapi pakai saja Ayla atau Agya.

Jangan anggap penghasilan anggota dewan itu besar. "Tak seindah yang kau bayangkan. Atau kami yang jadi kepala dinas. Mereka jadi anggota dewan. Tukar guling saja kita," tegasnya.

Selain itu, beban moral perjalanan anggota DPRD samgat jauh berbeda dengan pejabat pemerintah daerah seperti kepala dinas atau Sekretaris Daerah.

Sebagai contoh, ketika kunjungan kerja ke daerah pemilihannya, anggota dewan tidak mungkin dibayarkan konstituen mereka.

Tapi kalau kepala dinas bisa saja bayar kopinya sendiri. "Kami ini kan mitra kerjanya. Nanti kalau kami keras juga bagaimana. Tidak ada Perda, mereka nggak bisa kerja, kan," tutup politisi Partai Golkar itu. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *