SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Warga Protes Pelantikan Pengurus LPM Air Tawar Barat, Ini Alasannya


Padang, fajarsumbar.com - Warga Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, protes pelantikan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Berdasarkan pantauan media pelantikan pengurus LPM di aula kantor kelurahan Air Tawar Barat dihujani protes dan dipertanyakan warga. Pasalnya mekanisme pembentukan pengurus tidak sesuai dengan AD/ART LPM dan Perda.

Dalam hal ini akhirnya pelantikan pengurus LPM Air Tawar Barat tetap dilaksanakan.

Pelantikan pengurus LPM ini dihadiri Kapolsek, Camat dan Lurah Air Tawar Barat.

Camat Aditiawarman mengatakan pelantikan pengurus LPM ini cukup alot mulai awal pembentuk pengurus ini banyak penuh masalah.

"Gonjang ganjing aspirasi ditengah-tengah masyarakat banyak yang kami terima, namun dengan adanya musyawarah kesepakatan saling memaafkan akhirnya pelantikan dapat dilaksanakan," katanya.

Edi warga kelurahan Air Tawar Barat yang banyak mempertanyakan mekanisme pembentukan pengurus ini menambahkan cara pemilihan pengurus baru harus mengacu pada aturan yang seperti AD/ART LPM dan Perda yang ada.

"Dengan tidak mengacu dengan aturan yg ada ini yang saya pertanyakan misalnya Lurah membentuk penitia pemilihan penitia warga masing-masing RT, memilih calon ketua.menyampaikan visi dan misi calon ketua.lakukan pemungutan suara,serah terima jabatan yg lama ke yg baru.SK dikeluarkan DPC LPM bukan Camat," kata Edi.

Ketua DPD LPM Kota Padang, Erwin usai pelantikan menjelaskan lembaga ini merupakan lembaga indenpenden pemerintah tidak ikut campur dalam pembentukannya ini aturannya perda dan AD/ART LPM.

"Jadi sebelum pemilihan dilaksanakan pemerintah dan penitia pemilihan harus berpedoman pada aturan yang ada," kata Erwin.

Menurut Erwin, umumnya seluruh pelantikan LPM di Kota Padang melanggar pasal 42 dan pasal 47  Perda nomor 9 tahun 2017 dan disyahkan 28 Desember 2017. Padahal dalam haering dengan DPRD April 2017 sudah disampaikan bah Perda itu tidak akan di syahkan, tapi nyatanya terap disyahkan juga.  "Ini jadinya menimbulkan masalah," ujar Erwin lagi. (anjang)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *