SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Anak Kebutuhan Khusus Hafal Alquran Leonardy Berikan Perhatian Khusus


Fajarsumbar.com - Pondok Pesantren Nurul Yakin Ambung Kapur mengukuhkan tuanku/ustazah, dan menyerahkan ijazah lulusan aliyah dan tsanawiyah. Para penghapal quran juga dihadirkan untuk menerima penghargaan.

Diantara 20 penghapal alquran (hafiz) itu ada anak berkebutuhan khusus, namanya Khairul Rizqi. Dia adalah disabilitas netra berumur 17 tahun dan hafal alquran lebih dari 20 juz.
Keberhasilan ini mendapat perhatian khusus dari Anggota DPD RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH.

“Tadi saya mendengar ada Khairul Rizki yang sudah hafal lebih dari 20 juz. Rizki ini termasuk anak berkebutuhan khusus, tapi karena besarnya perhatian keluarga dan ketelatenan para guru di pondok ini, dia bisa hafal quran. Allah memberikan karunia yang besar padanya,” ujar Leonardy saat memberi sambutan di pengukuhan tuanku dan pemberian ijazah di pondok pesantren yang didirikan sejak 1996 itu, Jumat 22 Februari 2019.

Dikatakan Leonardy jika Rizki hafal 30 juz dan ingin kuliah di dalam maupun luar negeri nantinya, dia bisa dihubungi untuk memberikan fasilitasi yang bisa diupayakan Pimpinan DPRD Sumbar periode 2004-2014 itu.

Kepada Rizki dan para hafiz maupun hafizah di Nurul Yakin Ambung Kapur, Leonardy memberikan motivasi untuk menambah hafalan mereka. Bermodalkan hafalan quran, bahasa Arab dan Inggris mereka bisa mendapatkan beasiswa untuk belajar di universitas terkemuka di dunia Islam.

“Mulai dari sekarang mulailah bermimpi untuk bisa kuliah di Mesir, di Saudi Arabia, Turki, Maroko dan lainnya. Rajinlah belajar, manfaatkan waktu sebaik-baiknya, semoga nanda bisa menjadi ulama hebat di masa datang. Bisa menjadi imam besar di Masjidil haram seperti Ahmad Khatib Al Minangkabawi,” ungkapnya. 

Leo menilai, perkembangan Nurul Yakin Ambung Kapur cukup pesat. Santrinya lebih dari 700 orang dan terus berupaya lebih baik. Tampilan para tuanku dan ustazah yang dikukuhkan, model ijazah yang bagus menunjukkan bagaimana pengelola dan pengajar di pondok paham dengan kualitas. Ini nilai lebihnya.

Pimpinan Pondok Nurul Yakin Ambung Kapur, Ali Basar Tk Sutan Sinaro menyebutkan pada malam itu mereka melepas 23 Tuanku dan ustazah, 20 hafiz dan hafizah. Juga diserahkan ijazah madrasah aliyah pondok dan aliyah umum serta Tsanawiyah.

Tk Sutan Sinaro pada menghimbau para santri Nurul Yakin untuk selalu menghormati orang tua, guru dan mencintai almamater. Orangtualah yang telah menyerahkan anaknya ke pondok untuk mempelajari agama dan memperjuangkan agar anak-anaknya bisa berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Anaknya ikut mensyiarkan agama, mewarisi para nabi.

Sementara guru merupakan orangtua santri di pondok. Dia pula yang mengajarkan ilmunya dengan loyalitas, dedikasi yang penuh ikhlas menjadikan pondok sebagai rumah rohani bagi para santri.

"Sebagai rumah rohani, diharapkan santri punya ikatan yang kuat dan kepedulian yang tinggi terhadap almamater. Baik buruknya almamater tak lepas dari bagaimana para alumni menjaga dan memberikan kontribusi terhadap pondok," ungkapnya.

Saat jadi orang hebat, pikirkan juga pondok. "Pak Leo sebagai Anggota DPD RI tertumpang harapan kami, Pondok Pesantren betul-betul mendapat perhatian pemerintah. Jadikan Undang-undang tentang Pondok Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang tengah dibahas di DPD benar-bernar mengayomi dan bermanfaat luas bagi pondok," ujarnya penuh harap.

Tak lupa di mengungkapkan pondok yang mewajibkan asrama bagi para santrinya kini telah melebihi kapasitas. Dulu satu meter pondok ditempati seorang santri, kini harus berbagi dengan dua santri. Ini diperparah dengan rusaknya beberapa ruang asrama akibat puting beliung cukup menyulitkan mereka.

Untuk itu Tuanku St. Sinaro mengharapkan dalam RUU Pondok Pesantren dan Pendidikan Keagamaan itu nantinya memasukkan klausul pemerintah membantu pengembangan sarana dan prasarana pondok, bantuan operasional dan peningkatan kesejahteraan pengajar pondok. Bahkan kalau boleh meminta, pengajar pondok bisa diangkat menjadi PNS. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *