SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Banjir Pangkalan, Ratusan Masyarakat Terisolir


Salah satu aliran sungai di Pangkalan meluap dan mengakibatkan putusnya akses jalan bagi warga setempat. (Dok. Pusdalops-PB)

Limapuluh Kota, fajarsumbar.com  Hujan deras yang melanda sebagian besar kawasan di Sumatera Barat sepanjang Sabtu (2/2) hingga Minggu (3/2) berdampak besar terhadap masyarakat, khususnya yang berada di kawasan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota.

Arus sungai yang deras dari hulu berdampak kepada pondasi jembatan  Nenan yang menghubungkan Kenagarian Maek, Kecamatan Bukit Barisan ambruk dengan pusat pemerintahan Limapuluh Kota.

"Dampaknya adalah 607 jiwa terisolir dengan rincian 306 laki-laki dan 301 perempuan," kata Manajer Pusat Kendali Operasi-Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB), Rahmadinol dalam keterangan tertulisnya.

Lanjut Rahmadinol, selain putusnya akses jembatan di Maek, luapan arus sungai juga berdampak meluapnya sungai Batang Sanipan, Jorong Air Putih, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau dan 350 SMA yang sedang melaksanakan aktifitas kemping terisolir hingga Minggu (3/2) pagi sekitar jam 09.00 WIB.

"Kemudian banjir di Kenagarian Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru akibat meluapnya sungai batang Maek, dampaknya empat Jorong terendam banjir, diantaranya Banjar Ranah, Pasar Usang, Tigo Balai dan Lakuak Gadang," paparnya.

Tak sampai disitu, petugas gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD dan unsur relawan serta aparat TNI-Polri dikagetkan dengan hilangnya tiga remaja bernama Muhammad Fikri (13), Riki dan Febri.

"Untuk Riki dan Febri sudah ditemukan, sementara Fikri masih belum ditemukan hingga sekarang, tim akan terus melakukan pencarian jika warga Lokuak Gadang tersebut tak juga ditemukan hingga tujuh hari ke depan," ujarnya.

Saat ini, berdasarkan laporan dari Pusdalops-PB, kondisi air sudah mulai menyusut.

"Namun tertutupnya jalan pangkalan Kapur IX di Lambe,  belum bisa dilewati, akibat tingginya intensitas air dari sungai Batang Kampar," pungkasnya. (gp)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *