SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Bupati Ali Mukhni Hadiri Pagelaran Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City di Jakarta, Ini Targetnya ke Depan


Tangerang Selatan, fajarsumbar.com  - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bersama 14 pimpinan daerah lain turut hadir dalam Gelaran Assesment Gerakan Menuju 100 Smart City di Pusat TIK Nasional Kominfo, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kehadiran Bupati Ali Mukhni bersama Perwakilan 107 Kabupaten dan Kota di Indonesia itu merupakan sebagai bentuk komitmen dalam penerapan Smarcity di wilayah masing-masing.

Kehadiran para pimpinan daerah ini bukan hanya untuk mengikuti pembukaan acara tapi juga turut mempresentasikan di hadapan tim asesor tentang kesiapan dan komitmen pelaksanaan smartcity di daerahnya masing-masing.

Bupati Ali Mukhni, Jumat (22/2) didepan Tim Assesor Smart City memaparkan perkembang IT Padang Pariaman. Dimana Sejak tahun 2018, telah dibangun jaringan internet yg terkoneksi pada seluruh OPD, Kecamatan dan Puskesmas dengan kabel fiber optic (FO). Pada tahun 2019 ini, jaringan internet tersebut akan direntang sampai ke 103 Nagari dengan kabel FO sepanjang 123 Km.

“Untuk integrasi teknologi dalam tata kelola kota dimungkinkan berkat keberadaan internet of things. Yakni jaringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan mampu mengirim data ataupun melakukan tindak lanjut dengan campur tangan manusia yang minimal" sebut Ali Mukhni.

"Infrastruktur ini sangat penting dalam mendukung pelaksanaan Smart City. Dengan demikian sistem dan aplikasi yang dibangun dapat terintegrasi antar OPD dan Unit Kerja, tukuk Bupati inovatif ini.

Padang Pariaman, kata Ali Mukhni telah memiliki Data Centre dengan kapasitas server 8 Tb dan sebuah Command Centre. Command Centemre sebagai pusat monitor dan pengendali operasional sistem. Dalam pelaksanaan pelayanan administrasi pemerintahan dan pelayanan publik telah menggunakan sistem informasi atau aplikasi. Seperti SIMPEL, e-Planing, e-Budgeting, e-Monev, SIMDA, SIAK, e-Waspada, SIMAYA, SID dan banyak lainnya, jelas Bupati didampingi Kadis Kominfo Zahirman Kadar.

Ia pun menjelaskan, berbagai macam program inovasi pelayanan publik yang dilaksanakan sarat dengan penggunaan Teknologi Informasi. Seluruh program ini dikemas melalui konsep Smartcity. "Untuk itu, Padang Pariaman telah siap dan layak sebagai pilot project pelaksanaan program Gerakan menuju 100 Smartcity, tegas Ali Mukhni didepan Tim Assesor.

Sementara itu, Kadis Kominfo Zahirman mengatakan, "assesment dilakukan selama 2 (dua) hari, dengan melakukan konfirmasi dan mendalami isian kuesioner yang menampilkan hasil-hasil capaian bidang e-Government di daerah masing-masing".

Diantaranya, pendalaman tentang keselarasan kebijakan smartcity dengan visi misi daerah, regulasi tentang e-government/smartcity, implementasi kebijakan e-government/smartcity, kondisi dan pemanfaatan infrastruktur TI dan pemanfaatan aplikasi, jelas mantan Ketua KNPI ini.

Selain itu, proses assement juga mengkonfirmasi tentang kesiapan masyarakat dengan mengacu pada Indeks Pembangunan Manusia(IPM), jumlah Kondisi Keuangan Daerah(KKD) dan sistem perencanaan daerah, tambah Zahirman.

Dalam Assesment Smartcity itu, Bupati Ali Mukhni didampingi Kepala Bappelitbangda Ali Amran, Kadis Kominfo Zahirman Kadar serta Kasi TIK Roza Suhendra dan Kasi Aplikasi Dedi Yuswar.

Pelaksanaan Smartcity di tahun 2019 ini akan dipilih 25 Kabupaten/Kota di Indonesia yang akan didampingi dan dibimbing untuk menyusun dokumen masterplan smartcity. (rel/saco)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *