SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Fadlan Duga Ibunya Meninggal Akibat Kekurangan Oksigen di RSUD M. Zein Painan


Pessel, fajarsumbar.com - Fadlan (28), warga Punggasan, Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah M. Zein, Painan.

Ibunya, Yasmaneli (55) yang di diagnosa menderita ginjal hipertensi itu harus meregang nyawa di ruang HCU karena ketiadaan oksigen RSUD.

"Ya, memang oksigen habis. Sedang isi ulang," ujarnya menirukan jawahan salah seorang perawat yang tengah bertugas ketika itu di Painan, Jumat (1/2).

Petaka berawal ketika Ibunda Fadlan dirawat di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) itu pada 25 Januari 2019.

Pada penanganan awal, perempuan paruh baya itu dipasangi alat deteksi jantung dan nadi serta alat pengukur tensi otomatis di ruang HCU.

Dua hari kemudian, pada 27 Januari 2019, sekitar pukul 14.47 WIB, oksigen sentral di ruang HCU habis. Sebagai solusi awal, manajemen memakai oksigen cadangan.

Namun, oksigen cadangan pun hanya bertahan satu hari saja. Pada 28 Januari 2019, sekitar pukul 22.40 WIB, oksigen cadangan itu pun habis.

Akibatnya, pasien mengalami sesak nafas hingga meninggal sekitar pukul 23.15 WIB. "Sebelum meninggal Ibu saya mengalami sesak nafas akibat kehabisan oksigen," tuturnya.

Tak hanya itu, ulas Fadlan, ruang HCU yang seharusnya steril justeru kotor. Bahkan, sangat banyak nyamuk. Layanan keperawatan juga tidak memuaskan.

Dihubungi secaterpisah, Direktur RSUD M. Zein, dr. Sutarman menyampaikan kadang keluarga pasien terlalu berlebih di dalam ruangan. Susah dilarang masuk.

Sesama orang Pesisir Selatan, ia mengaku sudah paham dengan karakter masyarakat negeri berjuluk sejuta pesona itu.

"Mereka banyak tuntutannya. Namun ketika membayar tagihan selalu banyak alasan," ujar Sutarman melalui pesan singkatnya pada wartawan.

Sedangkan soal ketersediaan oksigen, dirinya mengaku setiap hari punya stok oksigen. Jika tidak, menurut dia, operasi tidak akan jalan.

Kendati demikian, ia meminta untuk menanyai langsung pada Bidang Pelayanan Medis RSUD, sehingga bisa langsung ditelusuri. "Saya lagi di Malaysia," tutupnya. (tsf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *