SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Mengurus SIM di Pasbar Terapkan Sistem Online, Begini Caranya


Pasbar, fajarsumbar.com - Kabar gembira, disampaikan oleh Sat Lantas Polres Pasaman Barat (Pasbar), bagi masyarakat yang akan mengurus atau akan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Sekarang sudah bisa sistim Online.

"Saat ini, mulai pertengahan bulan januari 2019 Satuan Administrasi Penyelenggara Sim (Sapras) Sat Lantas Polres Pasbar,sudah mengunakan sistem Online,"kata Kasat Lantas Polres Pasbar Iptu Ghanda Novidiningrat.

Dikatakan Ghanda, dengan adanya sistem Online ini, lebih mempermudah administrasi pembuatan SIM.

"Kita harapkan dengan sistem ini, masyarakat Pasbar dari manapun bisa membuat SIM dan tidak ribet lagi,"ujar Ghanda.

Bagi masyarakat yang akan membuat SIM diruangan Sapras cukup membawa syarat-syarat, seperti dengan syarat membawa e-KTP dan setelah  lulus tes yang sudah disediakan, SIM nya akan keluar.

"Untuk sistem online yang saat ini, sudah berjalan selama empat hari, menggunakan perangkat baru, sistem komputer baru dari Korlantas,"ungkap Ghanda.

Diterangakan Ghanda, Sistem ujian teori yang tersinkronisasi dengan sistem produksi SIM. Sehingga apabila tidak lulus pada ujian teori maka SIM tidak akan bisa terproduksi atau tidak bisa di cetak.

"Dengan adanya  sistem ini, tentunya praktek percaloan yang marak di lingkungan Sat Lantas, akan terhindar. Sehingga masyarakat akan merasakan dampak yang baik dan tidak ada lagi kesempatan untuk calo mencalo, minta bantu dalam pembuatan SIM,"terang Ghanda.

Sementara data pada tahun 2018 kemarin, Sat Lantas sudah mencetak sebanyak 9.233 blangko SIM yang sudah di berikan kepada masyarakat yang lulus Tes pembiatan SIM.

"Kita himbau kepada masyarakat bagi yang belum memiliki SIM, segera lah buat SIM. Karena banyak manfaat nya ketika di jalan raya, dan ketika ada kecelakaan juga mempermudah korban,"himbau Ghanda. (andrizal)


Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *