SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Ribuan Generasi Muda Hadiri Public Lecture Diplofest di Unand


Padang, fajarsumbar.com-Ribuan generasi muda menghadiri Publik Lecture Diplomacy Festival (Diplofest) di Universitas Andalas (Unand) Kota Padang, Sabtu (2/2). Para pelajar dan mahasiswa terlihat antusias, "menyesak" di Convention Hall semenjak pukul 09.00 WIB.

Pantauan di lapangan, tak hanya mahasiswa dari Unand yang hadir, tetapi hampir dari seluruh kampus di kota Padang. Terlihat dari almamater yang dipakai oleh peserta Diplofest, seperti dari Universitas Negeri Padang dan UIN. Meskipun tak semua peserta mendapatkan tempat duduk, tetapi mereka tetap semangat mendengarkan kuliah umum dari Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Setelah menunggu sekitar satu jam, tepatnya pukul 10.00 WIB Public Lecture Diplofest di Unand dimulai. Salah seorang peserta Richard dari UNP menyebut hadir pada kegiatan tersebut, karena ingin mengetahui upaya Indonesia dalam diplomasi perdamaian dunia.

Hal yang sama juga disampaikan Mawar, mahasiswa Unand. Ia ingin memperoleh informasi terkait Kementerian Luar Negeri dan beasiswa yang ada.

"Senang bisa hadir dalam kegiatan ini, " katanya.

Sementara itu, Rektor Unand Tafdil Husni menyambut baik dipilihnya Unand sebagai tempat pertama diluar di pulau Jawa diselenggarakannya Diplofest.

"Atas dipilihanya Unand sebagai tempat kuliah umum Menlu. Menjadi kebanggaan bagi kami," ucapnya.

Tafdil berpesan, agar generasi muda terutama perempuan dapat meniru semangat dan kegigihanan Menlu Retno Marsudi dalam menempatkan posisi Indonesia mewujudkan perdamaian dunia.

"Ibu Retno adalah Menlu pertama perempuan di Indonesia. Banyak prestasi dibawah kepemimpinan beliau dalam hal diplomasi," ucapnya.

Hal senada disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, generasi muda di Sumbar kedepan harus bisa menjadi diplomat yang hebat. Karena sebelum, saat, dan sesudah kemerdekaan RI banyak diisi oleh diplomat bahkan Menlu asal Sumbar.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dihadapan ribuan generasi muda menyampaikan bahwa Indonesia beberapa tahun belakangan fokus kepada diplomasi kemanusiaan dan diplomasi perdamaian. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *