SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Tanah Datar Giatkan Bangun Pariwisata


Batusangkar, fajarsumbar.com - Rencana pembangunan kepariwisataan Cindua Mato Batusangkar dan Istano Basa Pagaruyung dipresentasikan kepada kepala OPD dan anggota DPRD Tanah Datar, Selasa (12/2) di Gedung Indojolito Batusanglar.

Presentasi pembangunan kawasan lapangan Cindua Mato Batusangkar dan Istano Basa Pagaruyung tersebut disampaikan lansung Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi didampingi Ketua DPRD Anton Yondra beserta Wakil Ketua dan anghota Baggar DPRD Tanah Datar.

Berdasarkan peningkatan dan perkembangan kepariwisataan di Kabupaten Tanah Datar saat ini, Bupati, Irdinansyah menyatakan sudah saatnya kita membenahi objek-objek wisata di Tanah Datar dari kondisi sekarang, sehingga wisatawan kedepan akan bertahan lama di Batusangkar.

"Kita optimis kalau rencana pembangunan pengembangan wisata ini terwujud Batusangkar akan menjadi destinasi ku jungan wisata di Sumatera Barat, apalagi kita didukung dengan adanya hotel bintang 5, Emersia " ungkap Irdinansyah.

Dikatakan bahwa untuk pengembangan wisata di Tanah Datar Pemerintah Tanah Datar merencanakan akan melakukan pembangunan fisik pada pusat kota Batusangkar, disekitar lapangan Cindua Mato, dan Istano Basa Pagaruyung.

Menurut Bupati, disepanjang Lapangan Cindua Matu direncanakan akan membangun ruangan publik yang presentatif dijadikan pusat kegiatan brrbagai unsur masyarakat seperti adanya tempat olahraga masyarakat, hiburan dan tempat Santai serta tempat bermai anak-anak.

Sementara itu dalam konsep pembangunan dikawasan objek wisata Istano Basa Pagaruyung lebih dititik beratkan kepada pembanguan kawasan Parkir kendaraan pengunjung dan tempat kuliner disamping pembangunan tempat rekreasi.

pelaksanaan pembangunan pemngembangan kepariwisataan ini dilakukan bertahap yang anggarannya disamping dari APBD Tanah Datar diharapkan juga dari dana pendamping dari Pusat PUPR. Dan untuk penggunaan dana APBD perlu dukungan dan persetujuan DPRD dengan pencabutan bintang yang dalam penganggaran diberi bintang.

Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra dalam kesempatan tersebut menyambut baik dan setuju sekali dengan renana pembangunan pemgembangan wisata dalam rangka pengembangan dan peningkatan kunjungan wisata di Kabupaten Tanah Datar.

"Apabila rencana tersebut dapat terwujud sebagaimana yang ditampilkan pada tayangan dalam presentasi ini, akan betapa indahnya wajah Batusangkar, namun untuk biaya pembangunannya apakah Anggaan kita mencukupi, dan untuk pencabutan bintang dimaksud perlu pembicaraan lebih lanjut antara TAPD dengan dengan Banggar DPRD sehingga dana-dana pembangunan yang terkait dengan kebutuhan masyarakat lainnya tidak terabaikan, ungkap Anton Yondra. (P.St.Sinaro)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Contact Form

Name

Email *

Message *