SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Tingkatkan Jumlah Pendonor, Donor Darah Jadi Gaya Hidup

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Melati 

Padang, fajarsumbar.com -- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengimbau, agar masyarakat Sumbar mau dan rutin untuk melakukan donor darah secara sukarela.

Menurutnya, guna menumbuhkembangkan kebiasaan donor darah, hendaknya perlu diperkenalkan sedini mungkin kepada generasi muda. Melalui mengkampanyekan slogan donor darah sebagai gaya hidup.

"Donor darah membawa keuntungan dan manfaat bagi kesehatan. Karena terjadinya regenerasi sel-sel darah merah dalam tubuh pendonor. Menjadi pendonor adalah perbuatan terpuji sebagai bentuk ikhtiar menjaga kelangsungan hidup," tuturnya, di Auditorium Gubernur Sumbar, Rabu (13/2/2019).

Tambahnya, Pemprov Sumbar mengapresiasi PMI Kota Padang yang telah banyak berkontribusi dalam hal penyediaan ketersediaan darah di Kota Padang.

"PMI sudah berupaya maksimal mengajak, serta mengimbau, kepada instansi, lembaga, dan masyarakat agar menjadi penggerak donor darah," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah Kota Padang dr Widyarman menyebutkan,kebutuhan darah di Kota Padang terus meningkat setiap tahunnya. Saat ini, kebutuhan darah mencapai 200 kantong setiap harinya.

"Tahun 2017 kebutuhan darah Kota Padang hanya 100 kantong. Meningkat lagi menjadi 150 kantong perhari di tahun 2018," katanya

Meningkatnya kebutuhan darah, kata dokter Widyarman tentu membutuhkan pendonor dengan jumlah yang lebih banyak pula. Untuk memenuhi kebutuhan darah tersebut, selain dari masyarakat ada 33 instansi yang rutin memberikan donor darah.

"Selain memenuhi kebutuhan darah, kami harus menjamin pula darah yang didonor aman untuk dipergunakan. Kita sudah sudah mendapatkan ISO, dan sekarang dituntut mendapatan Good Manufacturing Practice (GMP)," ucapnya. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *