SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Audi Keuangan Payakumbuh Diserahkan ke Akuntan Publik, BPK Mengapresiasi


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Walikota apresiasi kinerja laporan keuangan perangkat daerah (PD) dilingkungan Pemerintah kota Payakumbuh. Hal itu menyusul apresiasi BPK Perwakilan Sumatera Barat terhadap laporan keuangan Pemko Payakumbuh yang diserahkan walikota beberapa waktu lalu.
Walikota menyampaikan apresiasi tersebut saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) perangkat daerah di lingkungan Pemko Payakumbuh, Senin (4/3). Rakor berlangsung di Aula Ngalau Indah, Lt. 3 Balaikota, Eks. Lapangan Poliko. Hadir Sekretaris Daerah, para Asisten dan unsur pimpinan perangkat daerah.
“Kemarin saya serahkan laporan keuangan pemerintah daerah langsung ke BPK Perwakilan Sumbar. Alhamdulillah kita diapresiasi, karena jadi yang pertama menyerahkan diantara kabupaten/kota lain di Sumbar,” ujar Walikota Riza Falepi.
Ditambahkan, BPK Perwakilan Sumbar juga mengapresiasi capaian TLHP Kota Payakumbuh yang termasuk tertinggi di Sumatera Barat.
“Capaian TLHP kita juga diapresiasi BPKP. Capaian kita diangka 86 persen dan termasuk tertinggi di Sumbar. InsyaAllah BPKP akan menjadikan kita pilot project terkait hal ini,” tambah Riza Fepi.
Apresiasi BPK terhadap Pemerintah Kota Payakumbuh juga diwujudkan dengan kepercayaan mengaudit keuangan Pemko Payakumbuh melalui Kantor Akuntan Publik (KAP).
“Tahun ini kita tidak lagi diaudit langsung oleh BPK, tapi dikerjasamakan dengan Kantor Akuntan Publik. Barangkali ini wujud kepercayaan BPK terhadap kita atas kinerja keuangan kita selama ini termasuk raihan opini WTP secara berturut-turut,” tukasnya.
Dikatakan, pelaksanaan audit keuangan Pemko Payakumbuh melalui Kantor Akuntan Publik mengindikasikan bahwa Audit keuangan kita sudah bisa dilepas. BPK
memberikan kepercayaan kepada institusi diluar mereka yaitu KAP yang juga dibolehkan secara perundang-undangan.
“Saya minta Kadis beserta jajaran agar memfasilitasi segala bahan yang dibutuhkan selama audit oleh KAP. Jangan lambat merespon permintaan mereka, sebab kita ini sudah jadi contoh,” pungkas Walikota. (amp)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *