SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Bawaslu Padang Panjang Gelar Sosialisasi Fasilitasi, Publikasi dan Dokumentasi Pengawas Pemilu


Padang Panjang, fajarsumbar.com-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang menggelar sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawas pemilu bersama insan Pers, di Hotel Hasiba Padang Panjang, Sabtu (2/3/2019).

Sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi pengawas pemilu yang dimaksud yakni mengenai Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2019 di Kota Padang Panjang.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Barat Surya Efitrimen menyebutkan, untuk melakukan pengawasan dan mensukseskan penerapan Tahapan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Surya Efitrimen mengatakan tujuan dan sasaran kegiatan ini diadakan untuk mensosialisasikan berbagai peraturan dan langkah-langkah strategis yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Umum.

"Peran serta masyarakat dalam pengawasan partisipatif sangat penting dalam pengawasan pemilu tahun 2019," ujarnya.

Surya Efitrimen menambahkan, suksesnya penyelenggaraan pemilu bukan semata-mata menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu namun juga peserta pemilu dan masyarakat termasuk dalam hal ini awak media," ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang Santina menyampaikan, sosialisasi ini merupakan upaya  dalam menyamakan persepsi antara Bawaslu dan wartawan dalam menyampaikan informasi terkait dengan pengawasan partisipatif dan masukan maupun dari wartawan.

Pers (wartawan) bisa berperan sebagai media pendidikan dalam rangka memberkan informasi pendidikan politik dan edukasi kepada masyarakat, misalnya tentang cara memberikan hak pilih yang benar, contoh pelanggaran saat pemilu dan lainnya.

"Kami terus berkomitmen dan konsen membangun hubungan dan bermitra dengan dengan semua stakeholder termasuk rekan-rekan wartawan, apalagi pers bisa menjadi sebagai media control dan pengawas dalam pelaksanaan pemilu 2019 mendatang," terangnya.

Selain itu Santina juga menyampaikan awak media dalam hal ini bisa memberikan informasi atau melaporkan apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran kegiatan kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu, partai politik dan pelaksana kampanye.

"Jika ada indikasi pelanggaran pemilu masyarakat untuk tidak ragu-ragu melaporkan ke kantor Bawaslu Padang Panjang Bawaslu atau ke panwascam terdekat," ujarnya.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *