SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Dinkes Mentawai Ajak Masyarakat Hidup Bersih


Tuapejat, fajarsumbar.com - Pola hidup bersih dan sehat serta pelestarian lingkungan perlu dilakukan. Apalagi saat ini, banyak pengaruh yang datang dari luar sehingga hal itu sangat memudahkan serangan virus yang menyebarkan berbagai penyakit berbahaya.

Hal ini dikatakan Evi Ester Kepala Seksi Promosi pada Dinas Kesehatan Mentawai yang bertindak sebagai narasumber pada kegiatan penyuluhan kesehatan di Aula Makodim 0319 Mentawai Rabu, (20/3).

"Perilaku hidup sehat itu harus utama. Dan kebersihan lingkungan pun harus dijaga" katanya.
Penyuluhan kesehatan ini, merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-104 Kodim 0319 Mentawai bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kegiatan penyuluhan yang mengusung tema "Gerakan Masyarakat Menuju Mentawai Sehat"  dengan Sub tema "Hidup Sehat Dengan 7 Pesan Sikerei"  tersebut diikuti 100 peserta dari 5 Desa di Kecamatan Sipora Utara yakni Desa Tuapeijat, Desa Sidomakmur, Desa Sipora Jaya, Desa Bukit Pamewa dan Desa Goiso' Oinan terdiri dari perangkat desa, kader Posyandu, Kader KB, pengurus PKK serta diikuti anggota Persit.

Evi menjelaskan,  hidup bersih dan sehat  merupakan  perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran, sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang  dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesadaran masyarakat.

Lebih lanjut ia menuturkan, kegiatan tersebut  bertujuan menambah pengetahuan peserta untuk meningkatkan pencegahan dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan, dan meningkatkan edukasi hidup sehat.

"Kegiatan ini untuk menambah wawasan masyarakat khususnya peserta untuk meningkatkan pencegahan dini penyakit " tuturnya.

Evi menyebutkan, pelayanan kesehatan dasar merupakan kunci untuk mencapai derajat kesehatan yang layak bagi masyarakat di Bumi Sikerei.

Ia berharap  peserta penyuluhan dan masyarakat Mentawai turut ikut berpartisipasi untuk wujudkan  gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) ditengah masyarakat. Menurutnya, peningkatan derajat kesehatan masyarakat tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi perlu partisipasi nyata dari masyarakat. Sehingga  dengan terwujudnya Germas, masyarakat Bumi Sikerei secara sadar menggiatkan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat. Ia juga berharap peserta bisa mengerti tentang arti hidup sehat  dan mampu merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi saya harap peserta bisa mempraktekkannya dalam kehidupannya sehari-hari" pungkasnya.(ab)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *