SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Dinkes Padang Panjang Sosialisasikan Istithaah Kesehatan Bagi Calhaj


Padang Panjang, fajarsumbar.com-
Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang melakukan sosialisasi Istithaah kesehatan bagi calon jemaah haji Kota Padang Panjang, Kamis (21/3) di Aula Secata B/ Rindam 1 BB Padang Panjang.

Kadis Kesehatan Nuryanuar menyebutkan, pemeriksaan kesehatan ini sangat dibutuhkan untuk kebaikan calon jemaah haji menjelang keberangkatan dan mengetahui calon jemaah haji yang sakit dan tidak.

Kegiatan ini diawali jalan pagi, pemeriksaan kesehatan, tekanan darah, gula darah, kolesterol dan pemeriksaan lainnya yang berkaitan.

Selain Kadis Kesehatan, turut hadir sebagai pemateri Anggota DPR RI H.Suir Syam, Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Imran, Perwakilan Kepala Kemenag Wahyu Salim, S.Ag, Kabid Dinas Kesehatan dr. faizah.

Imran menjelaskan bahwa penetapan istithaah kesehatan haji berada di Kabupaten /Kota, hal ini dilakukan agar jemaah haji dapat berangkat sesuai dengan Kloter yang telah ditetapkan.

Selain itu, pengecekan kehamilan dan pemberian vaksinasi meningitis paling lambat 2 minggu sebelum jemaah masuk asrama haji. Konsekuensinya, kartu vaksinasi meningitis menjadi persyaratan penerbitan surat perintah masuk asrama (SPMA).

"Setelah masuk asrama tak ada lagi pemberian vaksinasi. Sebab itu, kerjasama yang baik antara Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinkes Kemenkes dan Kemenag Kab/Kota harus sangat dibutuhkan,'' ujar Imran.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *