SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

KAN Gunuang, Padang Panjang Batagak Panghulu


Padang Panjang,fajarsumbar.com - Kerapatan Adat Nagari (KAN) Gunuang menyelenggarakan Batagak Panghulu (Pati Ambalau) di Kelurahan Sigando, (24/3).

Semarak Batagak Panghulu dihari pertama dilangsungkan prosesi "Mambantai Kabau", dan dihari kedua dilakukan "malewakan gala" untuk 14 panghulu dari Suku Jambak, Pisang, Koto dan Sikumbang.

Wakil Gubernur Nasrul Abit mengaku salut dan bangga akan kekompakkan niniak mamak yang ada di Padang Panjang. "Alhamdulillah ini menjadi pertanda bahwa Padang Panjang kedepannya akan lebih baik," ujarnya.

Peranan niniak mamak dalam adat sangatlah penting, sebab sama diketahui bahwa saat ini banyak pergaulan yang memberikan dampak buruk terhadap anak kemenakan, diantaranya narkoba, LGBT, miras dan lainnya.

"Tugas niniak mamak adalah memberikan arahan dan bimbingan yang baik terhadap anak kemenakan, komunikasi itu paling penting," jelasnya.

Sedangkan Walikota Fadly Amran yang hadir sejak hari pertama semenjak Batagak Panghulu digelar,menyampaikan tanggungjawab yang berat akan dipikul sebagai niniak mamak. .

"Dengan begitu, kami mengharapkan semoga peranan ABS-SBK dapat terus dikembangkan dengan baik,Apalagi telah dilewakan gala kepada 14 panghulu" sebut Fadly.

Sejalan dengan itu, Ketua KAN Nagari Gunung Yurnalisman berharap acara ini dapat menguatkan marwah panghulu berdasarkan ABS-SBK.(adek)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *