SUMBAR

Kota Padang

Fajar Terkini

Koridor IV Trans Padang Bakal Beroperasi Tahun Ini


Padang, fajarsumbar.com - Pengoperasian Bus Trans Padang pada Koridor IV Teluk Bayur-Anak Air, hampi pasti dibuka tahun ini. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang tengah merancang pembangunan 34 halte di sepanjang By Pass dua jalur sebagai sarana pendukung pengoperasian tersebut. Di sisi lain, organisasi pengusaha angkot di Kota Padang menolak rencana tersebut.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Padang, Jopi Satrios kepada Haluan, Selasa (26/3) menjelaskan, 34 halte yang akan dibangun sebagai sarana pendukung Trans Padang hanya berupa tangga. Keputusan itu diambil mengingat minimnya anggaran untuk pengoperasian Trans Padang di Koridor IV baru itu.

"Halte yang akan dibuat tidak ada yang permanen, untuk sementara memang hanya berupa tangga. Selain itu, sarana lain yang sedang kami siapkan dalam unit bus yang akan beroperasi adalah AC, CCTV, dan sarana penunjang lainnya. Koridor IV ini akan beroperasi tahun ini," kata Jopi sebagaimana dilansir harianhaluan.com.

Jopi juga menyebutkan, saat ini sudah terdapat sepuluh unit bus bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang akan beroperasi untuk melayani penumpang di sepanjang Koridor IV. Oleh karena itu, pihaknya sedang fokus untuk menyiapkan sarana penunjang operasional di dalam dan luas bus.

“Kalau bicara kebutuhan, setidaknya koridor ini membutuhkan 24 unit bus. Namun, saat ini bus yang telah tersedia baru sepuluh unit. Hanya saja harus kami lihat juga nanti bagaimana pengaplikasiannya di lapangan. Apakah sepuluh unit itu untuk sementara cukup, atau memang butuh tambahan. Itu tergantung antusiasme penumpang juga. Apakah yang menempuh perjalanan dekat akan menggunakan Trans Padang atau naik angkot,” sebutnya lagi

Meski demikian, Jopi mengaku pihaknya tetap mengusulkan penambangan bus untuk Koridor IV tersebut ke DPRD Kota Padang. "Kami sudah mengusulkan, apakah disetujui atau tidak, atau disetujui dengan jumlah tertentu, kami belum tahun. Namun yang jelas, saat ini tahapan demi tahapan untuk Koridor IV sedang dilakukan," tuturnya. (*)



Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *