SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Masih Banyak Calon Jemaah Haji Bukittinggi Belum Periksa Kesehatan Tahap Pertama

Yonda Fery

Bukittinggi, fajarsumbar.com - Sebanyak 108 calon jemaah haji Bukittingi belum memerikan kesehatan tahap satu, tanpa istitaah peserta belum bisa diterima pelunasan oleh Bank.

Hal ini disampaikan Yonda Fery (Ka Dinas Kesehatan Bukittingi)  kepada fajarsumbar.com di Angin Berembus) Bukit Gulai Bancah Senin 11/3, menurutnya ada kesalah tapsiran bagi sebagian dari calon jemaah haji kita, kalau sudah menyetor atau melunasi biaya haji sudah pasti berangkat.

Mereka tidak mengerti, kalau uang yang distor itu baru titipan. Para calon haji wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan tahap satu, kalau ini telah dilakukan keluar istitaah (surat ketetangan dokter).
Berdasarkan surat tersebut,barulah pihak bank bisa mengeluarkan bukti pelunasan.

Sebanarnya Dinas Kesehatan Kota Bukittingi telah mengirim surat ke Kamenag tentang sebanyak 108 jemaah calon haji belum melakukan pemeriksaan kesehatan tahap satu, namun sampai sekarang belum juga melakukan sebagai sarat penting untuk diterima sebagai calon haji.

Pemeriksaan kesehatan tahap pertama,menyangkut maningitis, TBC, begitu sampai di Bandara Arab Saudi yang pertama diperiksa keterangan bebas maningitis ada semacam ID card yang dikeluarkan digantung dileher, tanpa itu jemaah tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Kita tentu berharap kejadian tahun sebelumnya tidak terulang lagi. Sebagai Kepala Dinas Kesehatan, meminta KBHI mengingatkan kepada calon jemaah haji secepatnya melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan nanti akan dilajutkan ke tahap kedua. Untuk jemaah yang cuci darah memang tidak bisa diberangkatkan. (gus)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *